ORIENTASI PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA TERHADAP STRATEGI PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN : Studi empiris pada: Industri Kecil Produk Olahan Rumput Laut di Propinsi Sulawesi Selatan ?
Peranan industri kecil sangat penting, khususnya dalam menunjang pembangunan ekonomi
nasional, industri kecil dikelompokkan ke dalam ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 0814 Perpustakaan Pusat Tersedia -
Perpustakaan Judul Seri -No. Panggil 658.81 Ris o/R.12.229.1Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik xvi,;305 hlm,;29 cmBahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.81 Ris oTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab M. Risal -
Peranan industri kecil sangat penting, khususnya dalam menunjang pembangunan ekonomi
nasional, industri kecil dikelompokkan ke dalam .industri yang berteknologi rendah.
Masalah yang dihadapi industri kecil produk olahan rumput laut disebabkan masih
rendahnya kinerja pemasaran yang tidak didukung oleh orientasi pasar yang tinggi,
keunikan sumber daya, strategi pasar yang tidak maksimal diintegrasikan dalam
menciptakan pangsa pasar, serta strategi bauran pemasaran sebagai media inforrnasi untuk
menciptakan pelanggan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengkaji orientasi pasar
dan keunikan sumber daya terhadap strategi pasar dan strategi bauran pemasaran dalam
meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian dilakukan pada industri kecil produk olahan
mmput laut di propinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan sampel 239 pelaku industri kecil di propinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode skoring dan kuantitatif dengan SEM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemasaran produk olahan rumput laut masih
rendah, orientasi pasar memiliki pengaruh yang kecil terhadap kinerja pemasaran begitu
juga halnya keunikan sumber daya terhadap kinerja pemasaran juga masih kecil, orientasi
pasar terhadap kinerja pemasaran melalu strategi pasar tidak memiliki pengaruh dalam
menciptakan pangsa pasar industri kecil, strategi bauran pemasaran terhadap kinerja
pemasaran sebagai media informasi untuk menciptakan pelanggan belum mendapat
tanggapan positif. Fakta menunjukkan bahwa secara tidak langsung strategi pasar dan
strategi bauran pemasaran mempunyai peran dalam membentuk kinerja pemasaran. Secara
umum, penelitian terdahulu membahas topik ini belum mempertimbangkan peran strategi
pasar dan strategi bauran pemasaran. Ditemukan bahwa, industri kecil belum dapat
mempertimbangkan secara proaktif mencari informasi tentang orientasi pasar yang belum
tinggi, meningkatkan sumber daya yang dimiliki khususnya sumber daya manusia dan
sumber daya organisasi, mengembangkan strategi bauran pemasaran untuk menciptakan
informasi untuk memperkuat jalinan kemitraan terhadap distributor, mengelola saluran
distribusi untuk meningkatkan volume penjualan pada industri kecil produk olahan rumput
laut. Penelitian ini menghasilkan kebaruan yaitu model strategi bauran pemasaran industri
kecil produk olahan rumput laut melalui orientasi pasar dan keunikan sumber daya terhadap
kinerja pemasaran melalui strategi bauran pemasaran.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.