Detail Cantuman

Image of ORIENTASI PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA TERHADAP STRATEGI PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN  KINERJA PEMASARAN : Studi empiris pada: Industri Kecil Produk Olahan Rumput Laut  di Propinsi Sulawesi Selatan  
?

 

ORIENTASI PASAR DAN KEUNIKAN SUMBER DAYA TERHADAP STRATEGI PASAR DAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN : Studi empiris pada: Industri Kecil Produk Olahan Rumput Laut di Propinsi Sulawesi Selatan ?


Peranan industri kecil sangat penting, khususnya dalam menunjang pembangunan ekonomi
nasional, industri kecil dikelompokkan ke dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0814Perpustakaan PusatTersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.81 Ris o/R.12.229.1
    Penerbit Program doktor fakultas ekonomi UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvi,;305 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.81 Ris o
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Peranan industri kecil sangat penting, khususnya dalam menunjang pembangunan ekonomi
    nasional, industri kecil dikelompokkan ke dalam .industri yang berteknologi rendah.
    Masalah yang dihadapi industri kecil produk olahan rumput laut disebabkan masih
    rendahnya kinerja pemasaran yang tidak didukung oleh orientasi pasar yang tinggi,
    keunikan sumber daya, strategi pasar yang tidak maksimal diintegrasikan dalam
    menciptakan pangsa pasar, serta strategi bauran pemasaran sebagai media inforrnasi untuk
    menciptakan pelanggan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengkaji orientasi pasar
    dan keunikan sumber daya terhadap strategi pasar dan strategi bauran pemasaran dalam
    meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian dilakukan pada industri kecil produk olahan
    mmput laut di propinsi Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan
    menggunakan sampel 239 pelaku industri kecil di propinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini
    menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode skoring dan kuantitatif dengan SEM.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pemasaran produk olahan rumput laut masih
    rendah, orientasi pasar memiliki pengaruh yang kecil terhadap kinerja pemasaran begitu
    juga halnya keunikan sumber daya terhadap kinerja pemasaran juga masih kecil, orientasi
    pasar terhadap kinerja pemasaran melalu strategi pasar tidak memiliki pengaruh dalam
    menciptakan pangsa pasar industri kecil, strategi bauran pemasaran terhadap kinerja
    pemasaran sebagai media informasi untuk menciptakan pelanggan belum mendapat
    tanggapan positif. Fakta menunjukkan bahwa secara tidak langsung strategi pasar dan
    strategi bauran pemasaran mempunyai peran dalam membentuk kinerja pemasaran. Secara
    umum, penelitian terdahulu membahas topik ini belum mempertimbangkan peran strategi
    pasar dan strategi bauran pemasaran. Ditemukan bahwa, industri kecil belum dapat
    mempertimbangkan secara proaktif mencari informasi tentang orientasi pasar yang belum
    tinggi, meningkatkan sumber daya yang dimiliki khususnya sumber daya manusia dan
    sumber daya organisasi, mengembangkan strategi bauran pemasaran untuk menciptakan
    informasi untuk memperkuat jalinan kemitraan terhadap distributor, mengelola saluran
    distribusi untuk meningkatkan volume penjualan pada industri kecil produk olahan rumput
    laut. Penelitian ini menghasilkan kebaruan yaitu model strategi bauran pemasaran industri
    kecil produk olahan rumput laut melalui orientasi pasar dan keunikan sumber daya terhadap
    kinerja pemasaran melalui strategi bauran pemasaran.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi