Detail Cantuman

Image of RANCANGAN MODUL PELATIHAN MENINGKATKAN RESILIENSI IBU DALAM MENGHADAPI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DISERTAI HIPERAKTIVITAS

 

RANCANGAN MODUL PELATIHAN MENINGKATKAN RESILIENSI IBU DALAM MENGHADAPI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DISERTAI HIPERAKTIVITAS


Penelitian berjudul Rancangan Modul Pelatihan Meningkatkan Resiliensi
ibu dalam menghadapi anak Gangguan Pemusatan Perhatian disertai

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001100700037152.4 mur r/R.19.11Perpustakaan Pusat (REF.19.11)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    152.4 mur r/R.19.11
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 127 hlm. ; il. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    152.4 mur r
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian berjudul Rancangan Modul Pelatihan Meningkatkan Resiliensi
    ibu dalam menghadapi anak Gangguan Pemusatan Perhatian disertai
    Hiperaktifitas (GPPH). Penelitian ini didasari pada pentingnya ketahanan dan
    kemampuan ibu dalam menghadapi anak GPPH agar dapat mengoptimalkan
    perkembangan anak GPPH. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu
    program pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan ibu dalam mengatasi,
    menghadapi, dan bertahan terhadap kondisi anak dengan Gangguan Pemusatan
    Perhatian dan Hiperaktifitas.

    Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental, yakni
    The one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 3 orang ibu
    yang memiliki anak GPPH yang usia anak 7-9 tahun berdasarkan diagnosis dari
    ahli psikiater. Data mengenai kondisi resiliensi ibu diperoleh berdasarkan
    observasi, wawancara dan angket yang mengacu pada konsep resiliensi yang
    dikemukakan oleh Grothberg (1999). Berdasarkan data yang diperoleh mengenai
    kondisi ibu dalam menghadapi anak dengan gangguan pemusatan disertai
    hiperaktivitas, dirancang suatu modul pelatihan meningkatkan resiliensi ibu dalam
    menghadapi anak dengan gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas.

    Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan ini mengacu pada
    pembelajaran orang dewasa. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dengan
    menekankan pada upaya menggali kekuatan yang bersumber dari luar diri dan
    mengembangkan kekuatan yang bersumber dari dalam diri untuk menghadapi
    kondisi anak GPPH.

    Hasil yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan menunjukkan tidak
    adanya peningkatan resiliensi ibu, meski demikian setelah dilakukan pengukuran
    terhadap pengetahuan ibu mengenai resiliensi terdapat peningkatan pemahaman
    mengenai resiliensi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi