Detail Cantuman

Image of PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SELECTIVE ATTENTION MELALUI PERMAINAN KUMPULKAN BOLA MERAH

 

PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SELECTIVE ATTENTION MELALUI PERMAINAN KUMPULKAN BOLA MERAH


MEITA NISA HANDINI: Peraneangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
Selective Attention Melalui Permainan Kumpulkan Bola Merab

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001150700027155.4 han p/R.19.45Perpustakaan Pusat (REF.19.45)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.4 han p/R.19.45
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xvii, 115 hlm. ; ill. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.4 han p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • MEITA NISA HANDINI: Peraneangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
    Selective Attention Melalui Permainan Kumpulkan Bola Merab

    Pembimbing:

    Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd & Dra. Tutty I Sodjakusumab, M.Se., M.Litt

    Anak yang mengalami GPP pada umumnya mudah terdistraksi oleh
    banyak hal yang sering kali tidak berkaitan dengan tugas yang harus dikerjakan.
    Hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan baik dalam hal akademik maupun
    kehidupan sosialnya. Kondisi anak GPP yang mudah terdistraksi menunj ukkan
    bahwa anak memiliki kemampuan selective attention yang lebih rendah
    dibandingkan dengan anak pada umumnya. Salah satu intervensi untuk
    peningkatan atensi adalah program berbasis komputer atau computerized training
    program yang bennanfaat bagi anak yang mengalami GPP, salah satunya untuk
    meningkatkan selective attention.

    Permainan "Kumpulkan Bola Merah" merupakan program komputer
    untuk meningkatkan selective attention. Tugas anak dalam pennainan ini adalah
    menekan space bar ketika muncul stimulus target yaitu gambar bola merah dan
    tidak menekan space bar ketika muncul stimulus non target yaitu gambar bola
    hijau, kuning, dan biru. Hal tersebut me1atih anak untuk: rnengatasi distraksi yang
    mungkin muncul ketika anak mengerjakan tugas. Permainan ini dibuat dengan 3
    kecepatan kemunculan stimulus yang berbeda mulai dari kemunculan yang lambat
    sampai cepat. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan psikoedukasi untuk
    menumbuhkan self-awareness anak dalam mengubah perilaku yang kurang efektif
    menjadi lebih efektif. Pelatihan dilakukan selama 8 hari berturut-turut selama 30
    menit yang dibagi menjadi 3 bagian, masing-masing berdurasi 10 menit

    Penelitian dilakukan kepada seorang anak yang mengalami GPP usia 10
    tahun dengan menggunakan rancangan Single Subject Desain tipe A-B-A.
    Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pennainan Kumpulkan
    Bola Merah dapat meningkatkan selective attention anak GPP usia 10 tahun yang
    diukur menggunakan The Stroop Color Word Test. Hal tersebut terlihat dari skor
    The Stroop Color Word Test pada fase baseline-I sebesar 68,5 dan pada tahap
    baseline-2 sebesar 70,75. Hal tersebut menunjukkan adanya kenaikan rata-rata
    The Stroop Color Word Test saat sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi.
    Ditinjau dari skor permainan Kumpulkan Bola Merah, mulai dari sesi pertama
    hingga sesi terakhir cenderung meningkat. Dengan kata lain skor salah berupa
    ommision dan commision error selama pelatihan berlangsung cenderung
    mengalami penurunan. Artinya, kemampuan selective attention anak mengalami
    peningkatan setelah mendapatkan program pennainan Kumpulkan Bola Merah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi