Detail Cantuman

Image of GAYA HIDUP MATERIALISTIS DALAM IKLAN (Studi Semiotika Roland Barthes tentang Representasi Gaya Hidup Materialistis dalam Iklan XL Super Ampuh versi Tukul)

 

GAYA HIDUP MATERIALISTIS DALAM IKLAN (Studi Semiotika Roland Barthes tentang Representasi Gaya Hidup Materialistis dalam Iklan XL Super Ampuh versi Tukul)


Irfanul Yusiska, 210120100037, Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi,
konsentrasi Ilmu Komunikasi, Tim Pembimbing Dr. Eni Maryani M.Si dan Dr. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    01001120700406302.2 Yus g/R.21.190Perpustakaan Pusat (REF.190)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302.2 Yus g/R.21.190
    Penerbit Magister Ilmu Komunikasi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    115 hlm,;29,5 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302.2 Yus g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Irfanul Yusiska, 210120100037, Program Pascasarjana Ilmu Komunikasi,
    konsentrasi Ilmu Komunikasi, Tim Pembimbing Dr. Eni Maryani M.Si dan Dr. Hj.
    Betty RFS. Soemirat M.S. Tahun kelulusan 2012.

    Saat ini iklan mengisi hampir setiap waktu kehidupan kita dan berkembang
    secara fenomenal mengikuti segmentasinya. Selain menjadi sarana penyampaian
    pesan dari produsen kepada konsumen, iklan juga merupakan sarana untuk
    membentuk opini publik, karena memberikan reaksi berbeda kepada penontonnya.

    Tujuan utama dari tesis ini adalah untuk menemukan dan mengungkapkan
    tentang: (1) Makna denotasi dan konotasi tanda-tanda yang terdapat dalam iklan XL
    Super Ampuh versi Tukul, (2) Mitos yang dibangun melalui sistem tanda dalam iklan
    XL Super Ampuh versi Tukul.

    Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan
    metode semiotika dari Roland Barthes. Melalui metode semiotika, tanda-tanda dalam
    iklan dapat dianalisis melalui kombinasi petanda dan penandanya. Tanda-tanda yang
    digunakan dalam iklan ini kemudian di interpretasikan sesuai dengan analisis
    sintagmatik dan paradigmatik dan menjadi jawaban atas tujuan penelitian ini.

    Objek penelitian mengambil iklan televisi XL Super Ampuh versi Tukul yang
    ditayangkan selama bulan Oktober 2011. Data penelitian diperoleh dengan cara
    meng-capture tayangan iklan tersebut. Tanda-tanda verbal dan nonverbal yang ada
    dalam iklan dipisahkan terlebih dahulu dan kemudian diuraikan berdasarkan penanda
    dan petandanya, dan dianalisis berdasarkan tataran denotatif dan konotatif, seliingga
    peneliti menemukan mitos-mitos yang menyertainya.

    Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil
    dari analisis adegan dalam iklan XL Super Ampuh versi Tukul adalah mitos materi
    sebagai ukuran kebahagiaan, kemakmuran, dan kesuksesan, dimana mitos tersebut
    menganggap bahwa tanda-tanda kebahagiaan dan kemakmuran bagi sebagian orang
    di Indonesia masih identik dengan materi seperti seberapa banyak kekayaan yang
    diraih, mobil yang dimiliki, dan diukur dengan seberapa banyak harta benda yang
    di perlihatkan.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi