Detail Cantuman

Image of EFEKTIVITAS INTERVENSI POSITIVE SELF-TALK TERHADAP PENINGKATAN BREASTFEEDING SELFEFFICACY PADA IBU MENYUSUI

 

EFEKTIVITAS INTERVENSI POSITIVE SELF-TALK TERHADAP PENINGKATAN BREASTFEEDING SELFEFFICACY PADA IBU MENYUSUI


EFEKTIVITAS INTERVENSI POSITIVE SELF-TALK TERHADAP

PENINGKATAN BREASTFEEDING SELF-EFFICACY (BSE) PADA IBU
MENYUSUI

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    0100115070008155.6 fad e/R.19.104Perpustakaan Pusat (REF.19.104)Tersedia
  • Perpustakaan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    155.6 fad e/R.19.104
    Penerbit Magister Psikologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxi,;200 hlm,;29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    155.6 fad e
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • EFEKTIVITAS INTERVENSI POSITIVE SELF-TALK TERHADAP

    PENINGKATAN BREASTFEEDING SELF-EFFICACY (BSE) PADA IBU
    MENYUSUI

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian Positive
    Self-Talk terhadap peningkatan BSE pada ibu menyusui. Rancangan dalam
    penelitian ini adalah studi kasus dengan melibatkan dua subyek penelitian yang
    diperoleh melalui teknik purposive sampling.

    Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan
    kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah Breastfeeding Self-Efficacy Scale
    (BSES) dari Cindy Lee Dennis (2003) yang merupakan adaptasi dari teori self­
    efficacy Bandura, BSES kemudian diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh
    peneliti. Rangkaian latihan Positive Self-Talk dilakukan dalam 3 tahapan besar.
    Pengukuran dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu sebelum dan setelah intervensi
    dilakukan, serta satu minggu setelah intervensi selesai. Data dianalisis dengan
    menggunakan metode kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan metode kualitatif
    dengan content analysis dan analisa deskriptif.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi Positive Self-Talk efektif
    untuk meningkatkan Breastfeeding Self-Efficacy (BSE) pada kedua subyek

    . penelitian yang ditandai dengan meningkatnya skor dan perubahan kategori BSES
    setelah diberikan intervensi Positive Self-Talk. Pada R, peningkatan kategori BSE
    terjadi sebanyak 2 tingkat yaitu dari sedang ke kategori tinggi, sedangkan D
    meningkat hanya 1 kategori yaitu dari rendah ke sedang dengan perubahan skor
    hanya sedikit. Hal ini dipengaruhi adanya perbedaan karakteristik kepribadian
    (kemandirian dan motivasi) yaitu R memiliki tingkat kemandirian dan motivasi
    yang tinggi dari dalam dirinya sedangkan D cenderung lebih dependen dan
    motivasinya Iebih banyak dipengaruhi ketersediaan dukungan dari Iingkungan.
    Serta adanya perbedaan karakteristik kegiatan (terkait pemilihan waktu dan
    kedisiplinan latihan) dan kalimat positif yang dipilih masing-masing subyek.
    Secara kualitatif, R menunjukkan adanya perubahan pada ranah kognisi, emosi,
    perilaku dan fisik. Sedangkan pada D terjadi perubahan hanya pada ranah fisik
    dan emosi. Penelitian selanjutnya disarankan dapat menambah jumlah sampel
    agar hasil penelitian dapat digeneralisasikan. Pengembangan modul agar
    disesuaikan dengan kondisi subyek penelitian serta tujuan penelitian.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi