Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3576-Formulasi Tablet Ekstrak Etanol Daun Kucai (Allium tuberosum Rottler ex Spreng.) Sebagai Anti Hiperkolesterolemia Dengan Metode Granulasi Basah (Eka Bayu Purnama; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si)



Hiperkolesterolemia selama ini dikenal sebagai penyebab utama penyakit penyumbatan pembuluh darah (atereosklerosis) yang berakibat kematian. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700573576Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3576
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab

  • Hiperkolesterolemia selama ini dikenal sebagai penyebab utama penyakit penyumbatan pembuluh darah (atereosklerosis) yang berakibat kematian. Senyawa Alliin yang terdapat pada kandungan daun kucai memberikan potensi besar untuk menurunkan kolesterol dalam plasma darah, yang berpotensi mengurangi penyakit arterosklerosis. Pada penelitian sebelumnya diketahui dosis efektif ekstrak etanol 70% daun bawang kucai untuk menurunkan kadar kolesterol total adalah dosis 0,022 g/200 gBB pada tikus galur wistar. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh formulasi tablet dari ekstrak daun kucai dan mengembangkan ekstrak dari tanaman daun kucai menjadi bentuk sediaan yang lebih diterima dan praktis dalam upaya pengobatan penyakit anti hiperkolesterolemia yang dapat diterima baik oleh masyarakat. Sediaan tablet antiihiperkolesterolemia dari ekstrak etanol kucai dapat dibuat dengan metode granulasi basah. Pembuatan tablet berdasarkan 4 formula yaitu A B C dan D. Dari keempat formula tersebut dibuat dengan kosentrasi ekstrak daun kucai yang sama tetapi menggunakan perbandingan dari zat pengikat yaitu PVP dan pasta amilum dengan konsentrasi yang berbeda. Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh, bahwa keempat formula telah memenuhi kriteria waktu hancur tablet. Tetapi formula C dan D tidak memenuhi syarat LOD. Berdasarkan keempat formula tablet tersebut, formula B dalam pembuatan sediaan tablet ekstrak etanol daun kucai adalah formula terbaik.

    Kata kunci: Hiperkolesterolemia, Allium tuberosum Rottler ex Spreng, Formulasi Tablet, Granulasi Basah.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi