Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3577-Aktivitas Ekstrak Metanol Daun Tangkolo (Kleinhovia hospita Linn.) dan Fraksi-fraksinya Terhadap Bakteri Escherichia coli ATCC 25922 (Naeli Farhaty; Dr. Tiana Milanda, M.Si; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si)


Adanya masalah resistensi dan efek samping dari antibiotik menyebabkan infeksi bakteri sulit diatasi.Oleh karena itu diperlukan pencarian zat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700583577Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3577
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Adanya masalah resistensi dan efek samping dari antibiotik menyebabkan infeksi bakteri sulit diatasi.Oleh karena itu diperlukan pencarian zat antibakteri baru yang lebih aman dan efektif.Tumbuhan tangkolo (Kleinhovia hospita Linn.) diketahui memiliki khasiat sebagai antibakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak metanol daun tangkolo dan fraksi-fraksinya terhadap bakteri Escherichia coli ATCC 25922.Daun tangkolo diekstraksi dengan metode maserasi bertingkat selanjutnya difraksinasi menggunakan metode kromatografi cair vakum.Pengujian aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi agar, mikrodilusi danKromatografi Lapis Tipis (KLT) bioautografi. Penentuan golongan metabolit sekunder dengan menggunakan metode penapisan fitokimia dan KLT dengan berbagai penampak bercak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol, fraksi IV dan fraksi V masih memberikan aktivitas antibakteri pada konsentrasi 10%.Fraksi teraktif yaitu fraksi IV memiliki nilai Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum(KBM) pada konsentrasi 2,5%(b/v) dan 5%(b/v). Senyawa yang dapat memberikan aktivitas antibakteri pada fraksi IV diduga merupakan golongan senyawa polifenol dan terpenoid.

    Kata kunci: Antibakteri, Daun Tangkolo(Kleinhovia hospita Linn.),Ekstrak Metanol, Escherichia coli ATCC 25922
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi