Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3578-Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etil Asetat Daun Tangkolo (Kleinhovia hospita Linn.) dan Fraksi-fraksinya Terhadap Escherichia coli ATCC 25922 (Triayu Maharani; Dr. Tiana Milanda, M.Si; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si)


Pada tahun 2012, penyakit infeksi menjadi penyebab 22% kematian di Indonesia, yang salah satunya disebabkan oleh bakteriEscherichia coli.Penelitian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700593578Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3578
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pada tahun 2012, penyakit infeksi menjadi penyebab 22% kematian di Indonesia, yang salah satunya disebabkan oleh bakteriEscherichia coli.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak etil asetat daun tangkolo (Kleinhovia hospita Linn.) dan fraksi-fraksinya terhadapEscherichia coli ATCC 25922.Penelitian ini meliputi ekstraksi dengan metode maserasi bertingkat, fraksinasi dengan metode Kromatografi Cair Vakum (KCV), uji aktivitas dengan metode difusi agar,mikrodilusi, dan Kromatografi Lapis Tipis (KLT)bioautografi terhadap E. coli, pencarian golongan metabolit sekunder dengan metode penapisan fitokimia dan KLT dengan berbagai penampak bercak.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat dan Fraksi III memberikan aktivitas terhadap E. coli pada konsentrasi 10%. Nilai Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum (KHTM) fraksi III berada pada rentang 1,25%-2,5% (b/v)dan nilai Konsentrai Bunuh Minimum (KBM) pada 2,5% (b/v).Dari hasil pengujian KLT bioautografi dan KLT dengan berbagai penampak bercak, fraksi III mengandung metabolit sekunder steroid dan terpenoid.Senyawa yang aktif terhadap E. coli ATCC 25922 pada fraksi III diduga merupakan golongan steroid.
    Kata kunci: Daun Tangkolo, Kleinhovia hospita Linn., antibakteri, Escherichia coli ATCC 25922
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi