Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3584-Pengujian Indikator Strip Berbasis Polimer Polimetil Metakrilat (PMMA) Untuk Pemeriksaan Parasetamol Dalam Jamu Pegal Linu Yang Beredar di Jawa Tengah (Rajkannah Poongan; Dr. Aliya Nur Hasanah,M.Si; Rimadani Pratiwi, M.Si)


Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Badan POM, diketahui beberapa jamu pegal linu yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia obat. Bahan kimia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700713584Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3584
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Badan POM, diketahui beberapa jamu pegal linu yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia obat. Bahan kimia obat yang sering digunakan adalah parasetamol. Telah dibuat indikator strip untuk mendeteksi parasetamol. Penelitian ini bertujuan untuk pengujian mutu indikator strip parasetamol yang telah dibuat untuk mendeteksi parasetamol dalam jamu pegal linu yang beredar di Jawa Tengah. Indikator strip berbahan dasar polymethylmethacrylate (PMMA) dibuat dengan metode reagent blending. Indikator strip yang dibuat adalah campuran dari FeCl3-PMMA 7,5% 7:3; Folin-PMMA 5% 6:4; dan Nessler-PMMA 5% 6:4. Hasil dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa indikator strip mempunyai akurasi yang baik dalam mendeteksi parasetamol dalam jamu pegal linu. Selain itu indikator strip juga stabil selama pengujian dan dapat membedakan senyawa lain yang terdapat dalam jamu.
    Kata Kunci : Jamu Pegal Linu, Bahan Kimia Obat, Indikator Strip,
    Polymethylmethacrylate (PMMA), FeCl3, Folin, Nessler
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi