Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3527-Penggunaan Tawas dan Kaolin Pada Pengolahan Limbah Cair Laboratorium Kimia Farmasi Dengan Metode Koagulasi dan Adsorpsi (Alicia Ima Dara Setia; Driyanti Rahayu, MT. Danni Ramdhani, M.Si., Apt.)


Pencemaran lingkungan menyebabkan rusaknya lingkungan dan dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. Sumber pencemaran lingkungan diantaranya berasal ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701153527Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3527
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3527
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pencemaran lingkungan menyebabkan rusaknya lingkungan dan dapat berdampak pada kesehatan masyarakat. Sumber pencemaran lingkungan diantaranya berasal dari industri, domestik, rumah tangga, dan laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengolahan limbah cair laboratorium dengan koagulasi dan adsorpsi untuk menurunkan Total Suspended Solid (TSS), Total Dissolved Solid (TDS), Chemical Oxygen Demand (COD), dan logam berat timbal serta kromium. Metode yang digunakan adalah jar test menggunakan tawas sebagai koagulan dengan 5 variasi konsentrasi untuk mengetahui kondisi terbaik koagulasi. Tawas dengan konsentrasi 200 ppm pada pH 6 diperoleh sebagai kondisi terbaik proses koagulasi. Dengan pengolahan limbah secara koagulasi didapatkan penyisihan TDS 89,20%, TSS 87.42%, COD 18,76%, logam Pb 4,3% dan Cr 88%. Setelah koagulasi pengolahan limbah dilanjutkan dengan adsorpsi pada pH 8 dan 9 dengan 3 waktu kontak. Proses adsorpsi menggunakan kaolin terbaik terjadi pada pH 8 dengan waktu kontak 24 jam. Adsorpsi dapat menyisihkan TSS 73,91%, TDS 91,57%, COD 45,79%, logam Cr 86,45% dan kenaikan pada logam Pb sebanyak 39,67% dari keadaan awal. Hasil pengolahan limbah untuk parameter TSS, TDS, dan logam Cr telah memenuhi baku mutu yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2014, sedangkan pada parameter COD dan logam Pb belum memenuhi baku yang ditetapkan.

    Kata kunci: Tawas, Koagulasi, Kaolin, Adsorpsi, TDS, TSS, dan COD
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi