Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3529-Evaluasi Ketepatan Dosis dan Interaksi Obat pada Penggunaan Loperamid di Apotek Kimia Farma Kota Bandung Tahun 2015 (Hendita Faradina; Rizky Abdulah,Ph.D; Woro Supadmi, M.Sc)


Loperamid adalah salah satu obat antidiare seperti yang dikutip dari Food Drug Administration (FDA). FDA memberikan informasi tentang Drug Safety ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701173529Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3529
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3529
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Loperamid adalah salah satu obat antidiare seperti yang dikutip dari Food Drug Administration (FDA). FDA memberikan informasi tentang Drug Safety Communication terkait dengan risiko yang dapat terjadi akibat penggunaan loperamid. Risiko tersebut adalah efek terhadap jantung yang serius akibat penggunaan dan penyalahgunaan loperamid dengan dosis tinggi. Dosis tinggi dalam tubuh dapat disebabkan karena jumlah pemberian yang melebihi dosis atau akibat interaksi obat yang meningkatkan kadar obat dalam plasma. Contoh obat yang dapat meningkatkan kadar obat dalam darah adalah golongan Inhibitor CYP3A4, CYP2C8 dan P-glikoprotein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketepatan dosis dan interaksi obat dari loperamid di 10 Apotek Kimia Farma Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan secara observasional retrospektif dengan menggunakan data resep dari Januari-Desember 2015. Subjek penelitian ini merupakan resep pasien yang terdapat loperamid. Data yang dikumpulkan meliputi jenis kelamin, usia, dosis pemberian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 100% resep tepat dosis dan 0% tidak tepat dosis. Analisis tersebut diperoleh bahwa penggunaan loperamid masih dalam rentang dosis yang direkomendasikan yaitu maksimal 16 mg per hari untuk penggunaan resep. Sedangkan untuk kejadian interaksi obat yang paling banyak digunakan adalah trimethoprim (55%); ranitidin (42,5%); clopidogrel (2,5%).

    Kata kunci: Loperamid, cyp3a4, cyp2c8, p-glikoprotein, tepat dosis, interaksi obat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi