Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3531-Skrining Virtual Andrografolid dan Turunannya Sebagai Penghambat Lipoxygenase dan NF Kappa-β Berdasarkan Identifikasi Farmakofor (Hilman Achmad Lukman; Mutakin, Ph.D.; Sandra Megantara,M.Farm)


Inflamasi merupakan suatu respons protektif normal terhadap luka jaringan yang disebabkan oleh trauma fisik, zat kimia yang merusak, atau zat- zat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701193531Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3531
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3531
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Inflamasi merupakan suatu respons protektif normal terhadap luka jaringan yang disebabkan oleh trauma fisik, zat kimia yang merusak, atau zat- zat mikrobiologik. Inflamasi juga merupakan usaha tubuh untuk menginaktivasi atau merusak organisme yang menyerang, menghilangkan zat iritan, dan mengatur perbaikan jaringan. Penyebab inflamasi antara lain mikroorganisme, trauma mekanis, zat-zat kimia, dan pengaruh fisika Obat analgesik antipiretik serta obat anti inflamasi nonsteroid (OAINS) merupakan salah satu kelompok obat yang banyak diresepkan dan juga digunakan tanpa resep dokter. Obat-obat ini merupakan suatu kelompok obat yang heterogen, secara kimia. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa adanya salah satu derivat andrografolid yang dapat menghambat Lipoxygenase (LOX) dan NF Kappa-B. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu senyawa-senyawa turunan andrografolid yang memiliki aktivitas antiinflamasi. Penelitian dilakukan dengan mempersiapkan reseptor yang dilakukan dengan melakukan pemisahan reseptor dari ligan yang terikat, kemudian dilakukan persiapan ligan dengan membuat struktur 3 dimensi dan analisis sifat molekul dari ligan, validasi perangkat lunak dengan redocking, dan docking senyawa turunan andrografolid ke dalam kantung aktif LOX dan NF Kappa-B. Dari penelitian ini diperoleh senyawa yang memiliki aktivitas anti-inflamasi paling baik dengan menghambat Lipoxygenase adalah 3,19-3-hydroxybenzylidene andrographolide. Sedangakan senyawa yang memiliki aktivitas anti-inflamasi dengan menghambat NF Kappa-B yang memiliki aktivitas anti-inflamasi paling baik dengan menghambat NF Kappa-B adalah Andrograpin. Ikatan yang menentukan terikatnya ligan dengan reseptor LOX adalah ikatan hidrofobik dengan ligan sementara untuk ikatan NF Kappa-B pada ikatan hydrogen LYS741A dan ikatan hidrofobik LEU745A. Farmakofor LOX yang berinteraksi dengan asam amino 3,19-3-hydroxybenzylidene andrographolide antara lain pada gugus benzene dan ikatan CH pada struktur, dan farmakofor NF Kappa-B yang berinteraksi dengan asam amino Andrograpin adalah gugus OH.
    Kata kunci: Turunan andrografolid, LOX, NF Kappa-B, Anti-inflamasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi