Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3532-Uji Toksisitas Subkronis Ekstrak Etanol Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.) (Mochamad Rizal; Ade Zuhrotun, M.Si; Dr. Rini Hendriani, M.Si)


Tumbuhan salam di Indonesia biasanya dimanfaatkan daunnya sebagai bumbu masak, selain itu daun salam berpotensi sebagai obat herbal dan telah banyak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701203532Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3532
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3532
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tumbuhan salam di Indonesia biasanya dimanfaatkan daunnya sebagai bumbu masak, selain itu daun salam berpotensi sebagai obat herbal dan telah banyak penelitian yang membuktikan khasiat yang dimiliki daun salam diantaranya untuk diare, kolesterol, diabetes, asam urat, serta inflamasi. Meskipun memiliki banyak khasiat, tingkat keamanan dalam pemakaian daun salam perlu di perhatikan, agar dosis penggunaan daun salam tidak melebihi batas keamanan yang dapat menyebabkan toksik atau racun. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengujian toksisitas yang salah satunya adalah uji toksisitas subkronis untuk mengetahui ketoksikan dalam penggunaan yang lama melalui ada tidaknya kerusakan pada organ, meskipun dalam dosis yang diyakini aman, tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pemakaian sering dapat bersifat toksik. Pengujian dilakukan pemberian ekstrak etanol daun salam selama 90 hari pada tikus putih dengan dosis 1000 mg/kgBB, 400 mg/kgBB, 100 mg/kgBB dan kemudian diamati perubahan berat badan, hematologi, biokimia darah serta indeks organ dan histologi organ. Hasil pengamatan menunjukan ektrak daun salam tidak memiliki efek toksik terhadap berat badan, hematologi, kreatinin, dan SGPT, sedangkan untuk indek hati mengalami pembengkakan pada sampel betina dan hasil pengamatan histologi menunjukan adanya kerusakan ringan pada ginjal dan hati dilihat dari adanya degenerasi atau nekrosis setempat.

    Kata kunci : daun salam, hematologi, biokimia darah, indeks organ, histologi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi