Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3533-Formulasi Granul Ekstrak Etanol Daging Buah dan Bonggol Pisang Klutuk (musa balbisiana Colla) Seabgai Antidisentri Terhadap Shigella dysenteriae ATCC 13313 (Ratna Fitria Ermawati; Sri Agung Fitri Kusuma, M.Si; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si)


Disentri yang dapat menyebabkan dehidrasi dan hipokalemia merupakan diare invasif yang dapat disebabkan oleh bakteri Shigella dysenteriae apabila ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701213533Sedang Dipinjam
    (Jatuh tempo 2024-01-29)
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3533
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3533
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Disentri yang dapat menyebabkan dehidrasi dan hipokalemia merupakan diare invasif yang dapat disebabkan oleh bakteri Shigella dysenteriae apabila penanganan tidak dilakukan segera. Kasus diare banyak terjadi pada anak balita dan menyebabkan kematian akibat penanganan yang terlambat. Berdasarkan penelitian sebelumnya diketahui bahwa kombinasi ekstrak daging buah dan bonggol pisang klutuk memiliki khasiat sebagai antidisentri dan mampu menyuplai kekurangan kalium akibat diare. Pada penelitian ini telah dilakukan formulasi granul dengan variasi konsentrasi maltodekstrin. Penambahan maltodekstrin ini dilakukan untuk meningkatkan granul dalam air. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk granul kombinasi ekstrak daging buah dan bonggol pisang klutuk yang menunjukkan aktivitas antidisentri terbaik. Hasil evaluasi granul menunjukkan bahwa seluruh formula granul memenuhi kriteria persyaratan granul yang baik. Formula 2 dengan perbandingan ekstrak : maltodekstrin (1:3) menghasilkan daya antidisentri terbaik terhadap Shigella dysenteriae ATCC 13313 dengan kadar kalium sebesar 0,444 g/L, sehingga dapat bekerja untuk mencegah dehidrasi akibat disentri.

    Kata kunci : Disentri, Shigella dysenteriae, pisang klutuk, granul, kalium
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi