Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3534-Analisis Pengadaan Obat-obatan di Apotek Pendidikan Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran Dengan Matriks ABC-VED (Rita Suzyanti Binti ibrahim; Auliya A. Suwantika, Ph.D.; Dr. Eli Halimah, MS)


Sistem pengobatan modern telah berkembang menjadi lebih kompleks, canggih dan mahal, terutama dalam hal biaya obat-obatan. Sekitar sepertiga dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701223534Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3534
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3534
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sistem pengobatan modern telah berkembang menjadi lebih kompleks, canggih dan mahal, terutama dalam hal biaya obat-obatan. Sekitar sepertiga dari anggaran tahunan rumah sakit dihabiskan untuk membeli bahan dan perlengkapan, termasuk obat-obatan. Analisis ABC (Always, Better, Control) dan VED (Vital, Esensial, Desirable) dilakukan di Apotek Pendidikan Fakultas Farmasi Univestias Padjadjaran untuk mengidentifikasi kategori obat yang lebih membutuhkan fokus dalam sistem manajemen. Penelitian dilakukan menggunakan desain analisis observasional deskriptif dengan metode cross sectional dan pengambilan data secara retrospektif. Metode yang digunakan adalah analisis ABC, VED dan matriks ABC-VED. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan sistem pemesanan sebanyak 742 (33,11%), 1282 (57,21%) dan 217 (9,68%) item termasuk ke dalam kategori I, II dan III. Sedangkan berdasarkan sistem dropping, sebanyak 648 (28,92%), 1.303 (58,14%) dan 290 (12,94%) item termasuk ke dalam kategori I, II dan III. Dibandingkan kategori yang lain, kategori I membutuhkan perhatian yang lebih dalam proses perencanaan dan pengadaan. Analisis ABC dan VED perlu dilakukan secara rutin untuk mencapai penggunaan sumber daya yang lebih optimal dan supaya tidak terjadi kehabisan stok di apotek.

    Kata Kunci: analisis ABC, analisis VED, matriks ABC-VED, farmasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi