Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3537-Uji Toksisitas Akut Ekstrak Air Daun Stevia (Stevia Rebaudiana (Bert.)) Pada Mencit Jantan Galur Swiss Webster (Lee Mun Chee; Dr. Keri Lestari, M.Si; Melisa Intan B., Dr. Med. Sc)


Pengujian toksisitas akut ekstrak air daun stevia (Stevia rebaudiana (Bert.)) dilakukan untuk mengetahui tingkat keamanan penggunaan daun stevia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701253537Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3537
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3537
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pengujian toksisitas akut ekstrak air daun stevia (Stevia rebaudiana (Bert.)) dilakukan untuk mengetahui tingkat keamanan penggunaan daun stevia dengan mengitung nilai LD50 sediaan ekstrak dan mengetahui tingkat kerusakan organ yang disebabkan oleh pemberian ekstrak terhadap mencit jantan. Pengujian tersebut dilakukan untuk pengembangan tanaman daun stevia menjadi suatu obat herbal terstandar maupun fitofarmaka. Hewan uji dibagi ke dalam kelompok kontrol dan kelompok uji yang diberikan sediaan ekstrak dengan beberapa variasi dosis secara peroral, dosis untuk masing-masing kelompok adalah 21 g/kg BB, 22,4 g/kg BB dan 23,8 g/kg BB. Pengamatan mortalitas dan penimbangan berat badan dilakukan setiap hari selama 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai LD50 dari ekstrak air daun stevia adalah lebih dari 23,8 g/kg BB mencit atau setara dengan 17 g/kg BB tikus. Data histopatologi organ menunjukkan adanya kerusakan pada organ hati, ginjal dan jantung pada dosis 23,8 g/kg BB mencit, walaupun begitu, kerusakan tersebut tidak menyebabkan kematian pada hewan uji. Dengan demikian ekstrak air daun stevia termasuk dalam kategori praktis tidak toksik dan tidak ada gejala klinis ketoksikan akut yang signifikan yang terjadi pada seluruh hewan coba.

    Kata Kunci: Ekstrak air daun stevia, Stevia rebaudiana (Bert.), toksisitas akut, LD50
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi