Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3539-Formulasi Masker Gel Peel off Ekstrak Buah Murbei Hitam (Morus nigra) Sebagai Antijerawat (Astri Sulastri; Arif Budiman, M.Si; Arif Satria W.K., M.Si)


Jerawat merupakan penyakit kulit berupa inflamasi kronik pada bagian polisebasea yang sering terjadi pada masa remaja. Pemanfaatan buah murbei hitam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701273539Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3539
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3539
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jerawat merupakan penyakit kulit berupa inflamasi kronik pada bagian polisebasea yang sering terjadi pada masa remaja. Pemanfaatan buah murbei hitam yang memiliki kandungan fenol tinggi merupakan salah satu alternatif untuk pengobatan antijerawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat formulasi masker gel peel off ekstrak buah murbei hitam (Morus nigra) yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap Staphylococcus epidermidis dan Propionibacterium acnes. Diawali dengan proses maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Kemudian aktivitas antibakteri dari ekstrak ditentukan melalui metode difusi cakram sedangkan KHTM serta KBM ditentukan melalui metode mikrodilusi. Selanjutnya ekstrak diformulasikan ke dalam basis masker gel peel off yang mengandung variasi konsentrasi PVA (7, 9 dan 10%) serta HPMC (2 dan 2.5%). Sediaan yang telah dibuat selanjutnya dievaluasi secara fisik meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, daya sebar dan waktu mengering, kemudian dilakukan uji kesukaan, uji iritasi dan ditentukan aktivitas antibakteri dari sediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah murbei hitam memiliki aktivitas antibakteri dan menghasilkan nilai KHTM (Konsentrasi Hambat Tumbuh Minimum) sebesar 2.5% terhadap bakteri S. epidermidis dan P. acnes. Nilai KBM (Konsentrasi Bunuh Minimum) untuk masing-masing bakteri adalah 2.5% dan 5%. Formulasi dengan hasil evaluasi fisik terbaik ditunjukkan oleh formula yang mengandung PVA 7% dan HPMC 2.5%. Sediaan masker gel peel off ekstrak buah murbei hitam (Morus nigra) mulai menimbulkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi ekstrak 3x KHTM dengan zona hambat 6.11 ± 3.2 mm terhadap S. epidermidis dan 5.43 ± 0.6 mm terhadap P. acnes.
    Kata kunci: ekstrak Morus nigra, masker gel peel off, antijerawat, Staphylococcus epidermidis, Propionibacterium acnes
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi