Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3599-Aktivitas Sediaan Injeksi Gentamisin Sulfat Dalam Cairan Infus NaCl dan Dekstrosa-NaCl Terhadap Bakteri Bacillus subtilis ATCC 6633 dan Klebsiella pneumoniae ATCC 2357 (Nur Ramadhani M.; Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes; Insan Sunan K., M.KM)


Penggunaan antibiotik masih menjadi pilihan utama dalam pengobatan penyakit infeksi. Salah satu teknik terapi yang digunakan yaitu pencampuran ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701683599Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3599
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3599
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penggunaan antibiotik masih menjadi pilihan utama dalam pengobatan penyakit infeksi. Salah satu teknik terapi yang digunakan yaitu pencampuran antibiotik dengan sediaan intravena lain. Pencampuran intravena ini seharusnya dilakukan oleh apoteker, tetapi kenyataannya sebagian besar masih dilaksanakan oleh tenaga kesehatan lain. Sedangkan hal tersebut memerlukan teknik serta sarana dan prasarana khusus untuk menjamin keamanan dan mutu sediaan obat.Tujuan penelitian ini mengetahui aktivitas gentamisin sulfat dalam variasi cairan infus (NaCl dan Dekstrosa-NaCl) serta variasi waktu penggunaannya terhadap bakteri Bacillus subtilis dan Klebsiella pneumoniae. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan pencampuran sediaan yang dilakukan di LAF, uji aktivitas antibakteri sediaan dengan variasi waktu terhadap bakteri B. subtilis dan K.pneumoniae, dan analisis data dengan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkanbahwa waktu penggunaan berpengaruh signifikan pada aktivitas gentamisin sulfat terhadap bakteri B. subtilis maupunK.pneumoniae. Dimana waktu pencampuran menit pertama memberikan pengaruh yang paling baik. Sedangkan variasi infus berpengaruh signifikan hanya pada aktivitas gentamisin sulfat terhadap bakteri B. subtilis. Cairan infusDekstrosa-NaCl memberikan pengaruh yang lebih baik daripada infus NaCl. Kemudian interaksi antara variasi cairan infus dengan waktu penggunaannya tidak berpengaruh pada aktivitas gentamisin sulfat terhadap kedua bakteri tersebut.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi