Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3606-Pengaruh Waktu Tunggu Resep Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kepuasan Pasien Yang Dimediasi Dengan Mutu Pelayanan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bandung (N. Rika Nurhayati; Angga Prawira K., S.Si., MARS; Dr. Dolih Gozali, MS)


Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat untuk memperoleh kesehatan. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701813606Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3606
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3606
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat untuk memperoleh kesehatan. Peningkatan mutu pelayanan yang baik merupakan suatu tuntutan bagi instalasi farmasi rumah sakit untuk meningkatkan mutu pelayanan terutama dalam meningkatkan kecepatan pelayanan kefarmasian dan kepuasan pasien yang telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian waktu tunggu pelayanan sesuai dengan standar pelayanan minimal dan pengaruh waktu tunggu resep JKN terhadap tingkat kepuasan pasien yang dimediasi dengan mutu pelayanan instalasi farmasi RSUD Kota Bandung yang termasuk kedalam rumah sakit kelas C. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional melalui pendekatan cross sectional, sampel yang digunakan adalah 302 pasien JKN rawat jalan serta resep pasien rawat jalan di instalasi farmasi. Analisis data menggunakan software smartPLS V 2.0. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diolah, waktu tunggu resep nonracikan dan resep racikan tidak sesuai dengan SPM. Waktu tunggu tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan instalasi farmasi dengan t-statistik sebesar 0.5319. Mutu pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan t-statistik sebesar 14.4773. Waktu tunggu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan t-statistik sebesar 1.7712 (tingkat kepercayaan 95% one tailed pada tabel).
    Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional, Instalasi Farmasi, Waktu Tunggu, Mutu Pelayanan, Kepuasan Paien, Partial Least Square.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi