Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T72-Sintesis dan karakterisasi Molecular Imprinted Polymer Solid Phase Extraction (MI-SPE) Atenolol Dengan Monomer Asam Metakrilat(Shendi Suryana; Dr. Aliya Nur Hasanah, M.Si; Mutakin, M.Si., Ph.D)


Atenolol merupakan obat yang berpotensi digunakan sebagai doping dalam olahraga selain digunakan dalam penanganan hipertensi dan digunakan dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP20170182T72Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T72
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    T72
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atenolol merupakan obat yang berpotensi digunakan sebagai doping dalam olahraga selain digunakan dalam penanganan hipertensi dan digunakan dalam jangka waktu panjang. Efisiensi pemisahan atenolol dibutuhkan untuk deteksi penggunaan doping dan untuk monitoring kadar obat dalam darah sebagai upaya memastikan efektifitas obat. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh sorben Molecular Imprinted Solid Phase Extraction (MI-SPE) untuk pemisahan Atenolol dari sampel serum. Penelitian dilakukan dengan tahapan sintesis metode polimerisasi ruah dan polimerisasi pengendapan dengan asam metakrilat sebagai monomer, atenolol sebagai template, etilen glikol dimetakrilat sebagai crosslinker, selanjutnya karakterisasi MI-SPE yang dihasilkan dan aplikasinya pada sampel serum. Hasil pengujian menunjukan bahwa adsorpsi MI-SPE melalui metode pengendapan lebih tinggi daripada metode ruah yaitu 69.15% untuk MI-SPE metode pengendapan dan 47,39% untuk MI-SPE dengan metode ruah. Aplikasi sorben MIP dalam ekstraksi fase padat dilakukan menggunakan 200 mg polimer pada cartridge 3 ml. Sampel serum yang ditambahkan atenolol kemudian dilewatkan kedalam MIP menghasilkan nilai persen perolehan kembali sebesar 96,68% untuk MIP metode pengendapan. Uji selektifitas menunjukan bahwa MISPE yang dihasilkan dengan metode pengendapan dapat digunakan untuk ekstraksi selektif atenolol dari serum yang di-spike dengan campuran obat lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI-SPE yang dibuat dari monomer asam metakrilat dengan metode pengendapan telah terkarakterisasi dapat digunakan untuk ekstraksi atenolol dari serum darah.
    Kata kunci: Atenolol, solid phase extraction, molecular imprinting polymer, asam metakrilat.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi