Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3610-Perbandingan Aktivitas Antihiperkolesterolemia Ekstrak Bawang Putih Umbi Tunggal dan Umbi Banyak Pada Mencit Jantan Galur Swiss Webster (Alifa Nur Zaini; Ellin Febrina, M.Si; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si)


Bawang putih umbi banyak merupakan salah satu obat dari bahan alam yang telah dilaporkan memiliki aktivitas antihiperkolesterolemia. Saat ini telah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701863610Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3610
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3610
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Bawang putih umbi banyak merupakan salah satu obat dari bahan alam yang telah dilaporkan memiliki aktivitas antihiperkolesterolemia. Saat ini telah diketahui terdapat jenis lain dari bawang putih yaitu bawang putih umbi tunggal yang diduga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah lebih tinggi dibandingkan umbi banyak karena kandungan aktif satu bawang putih umbi tunggal setara dengan lima hingga enam siung bawang putih umbi banyak. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan aktivitas antara kedua jenis bawang putih tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Cholesterol Oxidase Diaminase Peroxidase Aminoantipyrine (CHOD PAP). Model mencit yang mengalami hiperkolesterolemia dibuat dengan induksi pakan lemak dan propiltiourasil (PTU) 0,01%. Ekstrak etanol bawang putih umbi tunggal dosis 20 mg/20 g BB dan 28 mg/20 g BB mencit mempunyai perbedaan aktivitas yang signifikan dalam menurunkan kadar kolesterol total darah mencit dibandingkan dengan bawang putih umbi banyak 20 mg/20 g BB dan 28 mg/20 g BB mencit. Kelompok bawang putih umbi tunggal dosis 28 mg/20 g BB mencit menunjukkan persentase penurunan kadar kolesterol total sebesar 48,43% dan bawang putih umbi tunggal dosis 20 mg/20 g BB sebesar 41,14% sedangkan untuk kelompok bawang putih umbi banyak dosis 28 mg/20 g BB dan 20 mg/20 g BB mencit persentase penurunannya masing-masing sebesar 27,17% dan 23,03%.
    Kata kunci: Kolesterol total, metode CHOD PAP, bawang putih umbi tunggal, bawang putih umbi banyak
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi