Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3613-Kandungan Antosianin Total dan Identifikasi Antosianidin dari Daun Jawer Kotok (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br.) (Citra Ayu Akmarina; Prof. Dr. Moelyono MW., MS; Dr. Ida Musfiroh, M.Si., Apt.)


Jawer kotok (Plectranthus scutellarioides(L.) R.Br) merupakan tumbuhan yang sering dijumpai di Indonesia. Secara empiris, tumbuhan jawer ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701893613Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3613
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3613
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Jawer kotok (Plectranthus scutellarioides(L.) R.Br) merupakan tumbuhan yang sering dijumpai di Indonesia. Secara empiris, tumbuhan jawer kotokdipercaya memiliki berbagai khasiat untuk pengobatan tradisional. Warna daun jawer kotok adalah merah keunguan. Warna merah hingga ungu pada bagian tanaman dapat dikarenakan adanya pigmen antosianin. Antosianin memiliki efek farmakologi seperti antiinflamasi, antibiotik dan antidiabetes.Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kadar antosianin total dan mengidentifikasi jenis antosianidin di dalam daun jawer kotok. Kandungan antosianin total diukur menggunakan metode perbedaan pH adalah 0,435 mg/g berdasarkan berat basah daun (antosinin dihitung sebagai sianidin-3-glukosida).Identifikasi antosianidin telah dilakukan dengan maserasi menggunakan etanol yang diasamkan dengan HCl pekat 0,5%, dilanjutkan dengan ekstraksi cair-cair menggunakan n-heksan, etil asetat serta air. Pemurnian senyawa antosianin dari fraksi air dilakukan dengan kromatografi lapis tipis preparatif dan fase gerak yang digunakan adalah campuran pelarut asetonitil : air :asam format (0,7 : 1,3 : 0,1). Jenis antosianidin yang di identifikasi dari daun jawer kotokdengan spektrofotometri UV-VIS, FTIR dan spektrometri massa menunjukkan keberadaan sianidin.
    Kata kunci : Jawer kotok (Plectranthus scutellarioides(L.) R.Br), antosianin, sianidin.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi