Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3618-Identifikasi Bakteri Penyebab Karies Gigi Secara Genetik Serta Pengujian Aktivitas Antibakteri Beberapa Pasta Gigi (Henny Aryani; Dr. Tina Rostinawati, M.Si; Dr. Yoppi Iskandar, M.Si)


Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang sering terjadi di dunia. Karies gigi disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor host hingga ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201701943618Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3618
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3618
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Karies gigi merupakan masalah kesehatan gigi yang sering terjadi di dunia. Karies gigi disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor host hingga aktivitas mikroorganisme. Spesies bakteri yang sering terdeteksi dalam karies gigi bermacam-macam. Salah satu pencegahan karies gigi adalah dengan cara merawat kebersihan gigi dengan menggunakan pasta gigi. Efektivitas pasta gigi dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi juga berpengaruh dalam pencegahan karies gigi. Telah dilakukan identifikasi bakteri penyebab karies gigi dari sampel isolate klinis dengan metode pengamatan eksperimental melalui pendekatan fenotip dan genotip menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR) 16s rDNA. Hasil pengamatan fenotip melalui pengamatan morfologi koloni dan mikroskopis (pewarnaan Gram) menunjukkan bahwa bakteri penyebab karies gigi memiliki bentuk batang dan merupakan bakteri Gram positif. Hasil homologifragmen 16s rDNA dengan data base 16s rDNA dari BLAST di situs http://blast.ncbi.nlm.nih.gov menunjukkan bahwa bakteri penyebab karies gigi memiliki kemiripan tertinggi dengan Bacillus licheniformis. Uji aktivitas anti-bakteri pasta gigi menunjukkan bahwa aktivitas anti bakteri tertinggi dimiliki oleh pasta gigi no. 9 dengan formulasi herbal.
    Kata kunci: Kariesgigi, PCR 16s rDNA, Identifikasi bakteri, Aktivitas anti bakteri, Pasta gigi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi