Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

T78-Pengaruh Konseling Farmasis Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Kualitas Hidup Pasien Kanker Ovarium Dengan Terapi Paclitaxel-Carboplatin di Salah Satu Rumah Sakit di Bandung (Mustika Novi Arini; Rizky Abdullah, Ph.D; Dr. Tiana Milanda, M.Si; Dra. Pratiwi, M.Farm)


Kombinasi golongan taxan dan platinum dapat meningkatkan angka ketahanan hidup pasien kanker ovarium, tetapi mungkin tidak selalu meningkatkan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201702083626Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3626
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3626
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kombinasi golongan taxan dan platinum dapat meningkatkan angka ketahanan hidup pasien kanker ovarium, tetapi mungkin tidak selalu meningkatkan kualitas hidup pasien. Konseling farmasis, sebagai bagian dari tenaga kesehatan, dilaporkan menjadi bagian penting yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kualitas hidup pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh konseling farmasis terhadap tingkat pengetahuan dan kualitas hidup pasien kanker ovarium yang melakukan kemoterapi dengan Paclitaxel dan Carboplatin. Penelitian ini menggunakan pre and post experimental control design, 30 subyek yang memenuhi kriteria dinilai pengetahuan dan kualitas hidupnya dengan menggunakan kuisoner. Setelah pengisian kuisoner, untuk kelompok kontrol dilakukan pemberian informasi obat sedangkan untuk kelompok intervensi diberikan konseling kemoterapi oleh farmasis. Pada siklus selanjutnya, kedua kelompok melakukan pengisian kembali kuisoner yang sama. Uji statistik menggunakan uji t berpasangan dan menunjukkan hasil adanya peningkatan tingkat pengetahuan (p=0,000) dan peningkatan kualitas hidup (p=0,001) pada kelompok intervensi. Lebih lanjut, hasil uji korelasi antara tingkat pengetahuan dengan kualitas hidup pasien kanker ovarium dengan terapi Paclitaxel dan Carboplatin dengan uji Pearson memperlihatkan adanya korelasi yang signifikan diantara keduanya.Hasil penelitian menunjukkan konseling farmasis dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dan kualitas hidup pasien kanker ovarium dengan terapi Paclitaxel dan Carboplatin.


    Kata Kunci : konseling farmasis, kanker ovarium, paclitaxel-carboplatin, pengetahuan, kualitas hidup
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi