Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3641- Pengembangan Formulasi Losion Tipe A/M Berbasis Karagenan Kappa dan Iota (Tiara Dwi Namirah; Yoga Windhu Wardhana, M.Si; Dina Fransiska, M.Si)


Karagenan merupakan hidrokoloid yang diekstraksi dengan air panas atau alkali berair dari beberapa anggota dari kelas rumput laut merah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707393641Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3641
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3641
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Karagenan merupakan hidrokoloid yang diekstraksi dengan air panas atau alkali berair dari beberapa anggota dari kelas rumput laut merah (Rhodophyceae). Karagenan sebagai salah satu hasil pengolahan rumput laut yang bernilai ekonomis tinggi. Karagenan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengental, bahan penstabil, dan pembentuk gel atau pengemulsi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan formulasi losion untuk mengetahui manfaat dan kualitas karagenan kappa dan iota dalam sediaan losion tipe air dalam minyak. Metode penelitian ini meliputi pembuatan basis losion sebanyak delapan formula, pembuatan sediaan losion dengan konsentrasi karagenan kappa 0,3%, iota 0,3%, serta campuran karagenan kappa dan iota 0,2% dan 0,1% (2:1), dan evaluasi losion. Sediaan yang telah dibuat selanjutnya dievaluasi secara fisik meliputi organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, dan daya sebar. Kemudian dilakukan uji kesukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karagenan kappa dan iota dapat dimanfaatkan dalam formulasi losion tipe a/m dengan konsentrasi 0,3% sedangkan formula yang mengandung campuran karagenan kappa 0,2% dan iota 0,1% (2:1) masih kurang baik dalam pembuatan losion tipe a/m. Tetapi dapat dimanfaatkan dalam pembuatan sediaan losion pelembab karena mengandung kadar minyak yang lebih baik. Formulasi dengan hasil evaluasi fisik dan uji kesukaan terbaik ditunjukkan oleh formula yang mengandung karagenan kappa 0,3% dan karagenan iota 0,3%.
    Kata kunci : karagenan kappa, karagenan iota, kosmetik, losion, pelembab.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi