Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3643- Pengaruh Penambahan Vitamin E TPGS Terhadap Profil Disolusi Tablet Atorvastatin Kalsium (Faisal Bemte Al Maududi; Taofik Rusdiana, Ph.D.; Dr. Dolih Gozali, MS)


Atorvastatin merupakan obat antikolesterol dan mencegah penyakit jantung koroner. Atorvastatin memiliki nilai bioavailabilitas sebesar 12% ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707413643Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3643
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3643
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atorvastatin merupakan obat antikolesterol dan mencegah penyakit jantung koroner. Atorvastatin memiliki nilai bioavailabilitas sebesar 12% dikelompokkan pada BCS kelas II. Rendahnya nilai bioavailabilitas dapat disebabkan salah satunya oleh rendahnya nilai disolusi obat tersebut. Salah satu metode yang dilakukan untuk memperbaiki kelarutan dalam air dan laju disolusinya adalah dengan penambahan surfaktan.Surfaktan pada konsentrasi rendah, dapat menurunkan tegangan permukaan dan menaikkan laju kelarutan obat. Salah satu surfaktan yang dapat digunakan adalah vitamin E TPGS. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui formulatablet atorvastatin kalsium yang baik dengan penambahan vitamin E TPGS dengan konsentrasi 0,3; 0.9 dan 1,5%kemudiandiuji mutu dan disolusi tablet atorvastatin dengan dan tanpa penambahan vitamin E TPGS. Hasil uji kualitas fisik tablet secara keseluruhan diketahui bahwa tiap formula tablet telah memenuji persyaratan yang ditetapkan. Hasil disolusi atorvastatin kalsium dengan penambahan vitamin E TPGSsebanyak 0,9% secara signifikan meningkatkan profil disolusi atorvastatin kalsium 4 kali lipat dibandingkan dengan tablet tanpa penambahan vitamin E TPGS yang hanya terdisolusi sebanyak 16,6% menjadi 71% pada menit ke 30 dalam media dapar pH 6,8 dengan alat disolusi tipe II.
    Kata kunci : Tablet, Atorvastatin Kalsium, Vitamin E TPGS, Disolusi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi