Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3661- Aktivitas Antibakteri Minyak Biji Mimba (Azadirachta indica A. Juss) Terhadap Bakteri Penyebab Karies Streptococcus mutans (Vithya Lakshmi Bjya Gabal; Dra. Sulistiyaningsih, M.Kes; Dr. Ade Zuhrotun, M.Si)


Prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut di negara-negara berkembang cenderung mengalami peningkatan. Bakteri yang paling umum menyebabkan masalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707633661Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3661
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3661
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut di negara-negara berkembang cenderung mengalami peningkatan. Bakteri yang paling umum menyebabkan masalah gigi seperti plak dan karies gigi adalah Streptococcus mutans. Mimba (Azadirachta indica) telah lama digunakan untuk mengatasi masalah pada gusi dan gigi. Ekstrak daun mimba telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri dan dapat mengurangi inflamasi pada karies gigi. Sampai saat ini, aktivitas antibakteri minyak biji mimba kurang dilaporkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas antibakteri minyak biji mimba terhadap bakteri penyebab karies Streptococcus mutans. Metode yang digunakan untuk pengujian aktivitas antibakteri yaitu metode difusi agar dan mikrodilusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak biji mimba mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Nilai Konsentrasi Hambat Tumbuh (KHTM) minyak biji mimba sebesar 2,5 % (b/v) dan nilai Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) sebesar 3,5% (b/v).
    Kata kunci : Minyak biji mimba (Azadirachta indica), Streptococcus mutan,
    Aktivitas Antibakteri .
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi