Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3663- Optimasi Metode Sintesis 2-Hidroksikalkon Sebagai Bahan Baku Obat Antikanker Payudara (Maisarah BT Mohd Ghazali; Prof. Muchtaridi, Ph.D., M.Si; Rina Fajri Nuwarda, M.Sc)


Kalkon merupakan senyawa golongan flavonoid yang dilaporkan memiliki aktivitas biologis seperti antikanker dan antibakteri. Sintesis kalkon dilakukan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707653663Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3663
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3663
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kalkon merupakan senyawa golongan flavonoid yang dilaporkan memiliki aktivitas biologis seperti antikanker dan antibakteri. Sintesis kalkon dilakukan karena jika diisolasi langsung dari bahan alam menjadi kurang menguntungkan. Hal ini karena enzim kalkon sintetase (CSH) yang segera mengubah senyawa kalkon menjadi flavanon. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi metode sintesis 2’-hidroksikalkon sebagai bahan baku obat antikanker payudara. Untuk menemukan cara yang optimum dalam mensintesis 2’-hidroksikalkon, dilakukan metode konvensional dan metode irridiasi gelombang mikro yang mereaksikan 2’-hidroksiasetofenon dan benzaldehid melalui reaksi kondensasi Claisen-Schmidt. Metode konvensional dilakukan dengan 2 waktu pengadukan yang berbeda yaitu selama 12jam dan 1.5jam. Secara organoleptik, hasil 2’-hidroksikalkon, K1 berbentuk kristal putih berbau kalkon, K2 berbentuk kristal kuning berbau kalkon dan K3 serbuk kuning berbau kalkon yang masing-masing menghasilkan %rendemen sebanyak 4%, 39.6% dan 34%. Setelah itu, hasil 2’-hidroksikalkon yang murni di karakterisasi dengan FTIR, MS dan NMR. Metode konvensional dengan pengadukan 1.5jam menghasilkan 2’-hidroksikalkon yang murni dibandingkan dengan metode mikrowave yang lebih hemat waktu.
    Kata kunci : 2’-hidroksikalkon, 2’-hidroksiasetofenon, antikanker, benzaldehid, kalkon, konvensional dan irridiasi gelombang mikro.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi