Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3664- Sintesis Senyawa 3-Kloro-2',4-Dihidroksi-5-Metoksikalkon Dengan Reaksi Kondensasi Aldol Sebagai Target Antikanker Payudara (Muhammad Afiq Bin Ahamad Sedek; Prof. Muchtaridi, Ph.D., M.Si; Rina Fajri Nuwarda, M.Sc)


Kanker payudara adalah suatu penyakit neoplasma ganas yang berasal dari parenkim kelenjar payudara. Pravelensinya mencapai 20% dari seluruh penyakit ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707663664Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3664
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3664
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker payudara adalah suatu penyakit neoplasma ganas yang berasal dari parenkim kelenjar payudara. Pravelensinya mencapai 20% dari seluruh penyakit kanker. Turunan kalkon telah menarik perhatian dari banyak pihak terhadap potensinya farmakologinya terutamanya sebagai antikanker. Senyawa 3-kloro-2’,4-dihidroksi-5-metoksikalkon dapat disintesis dari 2’-hidroksiasetofenon dan 3-kloro-4-hidroksi-5-metoksibenzaldehid melalui reaksi kondensasi Claisen-Schimdt. Pada penelitian kali ini KOH digunakan sebagai katalis dan dengan menggunakan metode pengadukan selama 2.5 jam. Hasil menunjukkan bahwa dengan melakukan pengadukan selama 2.5 jam memberikan rendemen 26.28%. Senyawa tersebut diuji kemurniannya dengan KLT dan diidentifikasi strukturnya dengan spektroskopi infra merah dan MS. Hasil identifikasi menunjukkan terbentuknya senyawa tersebut yang dapat dilihat dari serapan infra merah C=C aromatik, berat molekul yang sesuai dari spektroskopi massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengadukan selama 2.5 jam masih belum pada kondisi optimum. Pada kondisi ini, identifikasi hasil sintesis menunjukkan kalkon telah terbentuk tetapi dengan rendemen yang rendah.
    Kata kunci : Kanker, Kalkon, Pengadukan, Kondensasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi