Text
3665- Kepuasan Kerja dan Aspek Yang Dapat Menyebabkan Stres di Tempat Kerja Apoteker Kota Bandung (Farkhanah Rahmi Binti Gholib Santosa; Rizky Abdulah,Ph.D; Rifna Wibisana, M.Farm)
Sumber daya manusia harusselalu dievaluasi agar dapat mendukung perkembangan organisasi. Kepuasan kerja merupakan salah satu bentuk evaluasi yang ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan FFUP20170767 3665 Tersedia -
Perpustakaan Fakultas FarmasiJudul Seri -No. Panggil 3665Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor., 2018 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 3665Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek -Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab - -
Sumber daya manusia harusselalu dievaluasi agar dapat mendukung perkembangan organisasi. Kepuasan kerja merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan kerja dan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja serta melihat aspek utama yang dapat menyebabkan stres di tempat kerja apoteker di Kota Bandung yaitu dibidang akademis, industri, pemerintahan dan pelayanan kesehatan. Metode penelitian ini adalah observasional dengan mengikuti rancangan deskriptif secara potong lintangdan pengambilan data menggunakan kuesioner yang dilakukan dalam waktu 3 bulan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 298 apoteker yang bekerja di empat bidang yang dinyatakan. Analisis data yang dilakukan adalah secara deskriptif dengan aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) version 20.Hasil yang diperoleh adalah tingkat kepuasan kerja tertinggi dilihat pada bidang akademis dengan rata-rata skor kepuasan yaitu (3,03±3.34), diikuti industri (2,80±3,97), pemerintahan (2,72±3,25) dan terakhir pelayanan kesehatan (2,71±3,33). Faktor terbesar yang berhubung dengan kepuasan kerja adalah bangga dengan profesi, keamanan di tempat kerja, kesempatan promosi, suasana di tempat kerja dan kreativitas serta pembelajaran di tempat kerja. Aspek utama yang dapat menyebabkan stres di tempat kerja pula antara lain harus mengikuti perkembangan praktek klinis dan penelitian, bertanggungjawab atas kualitas kerja staf lain dan memiliki beban kerja yang berlebihan. Kesimpulannya, semua apoteker merasa puas dengan pekerjaannya pada masa ini
Kata Kunci: apoteker, kepuasan kerja, faktor, aspek stres, kuesioner
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.