Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3669- Formulasi dan Uji Stabilitas Fisik Sediaan Krim Antiskabies Mengandung Minyak Mimba (Azadirachta Indica A.Juss) (Anggia Diani Amaliah; Soraya Ratnawulan Mita, M.Si; Patihul Husni, M.Si)


Skabies merupakan penyakit kulit menular yang banyak terjadi di negara berkembang.Penatalaksanaan skabies umumnya menggunakan sediaan krim. Sediaan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201800053669Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3669
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3669
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skabies merupakan penyakit kulit menular yang banyak terjadi di negara berkembang.Penatalaksanaan skabies umumnya menggunakan sediaan krim. Sediaan krim yang banyak dikembangkan saat ini adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antiskabies adalah tanaman Mimba (Azadirachta indica A.Juss). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui formula sediaan krim antiskabies mengandung minyak mimba (Azadirachta indica A.Juss) dengan formula terbaik serta mengetahui pengaruh kondisi penyimpanan terhadap stabilitas sediaan. Metode penelitian terdiri dari pengumpulan bahan, karakterisasi minyak mimba, formulasi krim dengan berbagai variasi konsentrasi minyak mimba, pengujian stabilitas fisik sediaan krim serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula paling baik yaitu krim yang mengandung minyak mimba 10% serta ditinjau dari uji stabilitas fisik krim mengandung minyak mimba yang terdiri dari organoleptis, homogenitas, pH, viskositas, tipe krim dan daya sebar selama 90 hari dengan dua kondisi penyimpanan suhu ruang (25±2ᵒC) dan suhu tinggi (40±2ᵒC) diperoleh kesimpulan bahwa formulasi sediaan krim mengandung minyak mimba memiliki warna, bau, homogenitas, tipe krim dan nilai pH yang stabil, kecuali daya sebar dan viskositas mengalami perubahan pada masa penyimpanan serta nilai viskositas pada kondisi penyimpanan suhu tinggi (40±2ᵒC) terdapat perbedaan signifikan, tetapi semua formula masih memenuhi kriteria awal viskositas yang diinginkan.
    Kata kunci : Skabies, minyak mimba, krim, stabilitas fisik
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi