Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

JURISDIKSI PERADILAN ARBITRASE DALAM PENGABULAN PERMINTAAN JAMINAN ATAS BIAYA-BIAYA (SECURITY FOR COSTS) SEBAGAI BENTUK PUTUSAN SELA BERDASARKAN HUKUM ARBITRASE KOMERSIAL INTERNASIONAL


Perdagangan internasional dewasa ini merupakan salah satu kontributor utama dari pertumbuhan ekonomi yang tengah terjadi, di mana jual beli barang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    297/2017297/2017Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja FH UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Hukum
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    297/2017
    Penerbit Fakultas Hukum UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 96 hal, 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    297/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Perdagangan internasional dewasa ini merupakan salah satu kontributor utama dari pertumbuhan ekonomi yang tengah terjadi, di mana jual beli barang dan jasa dilakukan di antara negara-negara di dunia. Pada praktiknya, perdagangan internasional membutuhkan adanya kontrak antar pihak, termasuk di antaranya klausul penyelesaian sengketa. Arbitrase sebagai alternatif penyelesaian sengketa pada umumnya lebih sering dipilih. Dalam prosedurnya sendiri, arbitrase komersial internasional memungkinkan pihak tergugat untuk mengajukan permintaan putusan sela kepada penggugat dalam bentuk jaminan atas biaya-biaya (security for cost), atau jaminan akan dipenuhinya putusan arbitrase dalam bentuk biaya-biaya. Kendatipun permintaan atas jaminan atas biaya-biaya (security for cost) dikabulkan oleh majelis dalam sejumlah kasus sebagai salah satu bentuk putusan sela, tidak terdapat peraturan yang bersifat universal menyangkut hal ini.
    Dalam membahas permasalahan dalam skripsi ini Penulis melakukan pendekatan secara yuridis normatif, yaitu dengan melakukan penelitian yang menitikberatkan pada data kepustakaan atau data sekunder dengan pendekatan asas-asas hukum dan perbandingan hukum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis.
    Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: pertama, kecuali para pihak bersepakat lain, maka majelis memiliki jurisdiksi untuk mengeluarkan jaminan atas biaya-biaya (security for cost). Kedua, dalam mengeluarkan putusan sela dalam bentuk jaminan atas biaya-biaya (security for cost) tersebut, harus dipenuhi sejumlah syarat; di antaranya terdapat kendala finansial yang dialami penggugat yang menimbulkan adanya urgensi dikeluarkannya putusan sela tersebut.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi