Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS ENGLISH CAFE DALAM PERJANJIAN DITINJAU BERDASARKAN KUHPERDATA DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN


Peraturan yang mengatur mengenai perlindungan pennguna jasa pengajaran bahasa Inggris di lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris English Cafe dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    371/2017371/2017Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja FH UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Hukum
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    371/2017
    Penerbit Fakultas Hukum UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    x, 99 hal, 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Peraturan yang mengatur mengenai perlindungan pennguna jasa pengajaran bahasa Inggris di lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris English Cafe dalam klausula baku yang ditinjau dari KUHPerdata dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Permasalahan yang sekarang tidak jarang terjadi timbul akibat tindakan kesewenang-wenangan pelaku usaha terhadap hak-hak konsumen sehingga terjadi ketidakseimbangan posisi antara pelaku usaha yang mempunyai posisi lebih tinggi dibandingkan konsumen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini beserta tujuannya adalah mengetahui kedudukan hukum dan tanggung jawab pihak English Cafe sebagai penyelenggara bimbingan belajar bahasa inggris bagi konsumen tercantumnya suatu klausula gratis mengulang seumur hidup yang terdapat dalam perjanjian yang di tanda tangani oleh pihak konsumen.

    Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang menitikberatkan pada penggunaan data sekunder, berupa bahan hukum yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diteliti, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, untuk kemudian dianalisis dengan cara menarik suatu kesimpulan yang kemudian dipakai untuk menjawab pertanyaan permasalahan.

    Berdasarkan penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa, bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen pengguna jasa pengajaran di lembaga bimbingan belajar bahasa Inggris diatur dengan sebuah perjanjian standar. Perjanjian ini telah sesuai dengan aturan dalam KUHPerdata dan Undang – Undang Perlindungan Kosumen namun masih terdapat beberapa klausula yang dapat merugikan konsumen. Disarankan bagi pemerintah untuk melakukan pengawasan yang lebih baik terhadap pelaku usaha di Indonesia, agar jalannya upaya perlindungan konsumen dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang undangan dan dapat meminimalisir tindakan sepihak dan semena-mena dari pelaku usaha, serta konsumen sebagai pihak yang secara ekonomis lebih lemah dibandingkan dengan pelaku usaha harus cermat dan teliti untuk memilih suatu barang dan/atau jasa.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi