Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

TINDAKAN HUKUM YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH TERLAPOR ACHMAD YOGIE DALAM HAL PERJANJIAN PENGIKATAN JUAL BELI TANAH YANG DIDUGA TELAH MENIMBULKAN SUATU TINDAK PIDANA PENYEROBOTAN TANAH MENURUT HUKUM POSITIF INDONESIA


Latar Belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai apakah perjanjian pengikatan jual beli tanah antara Achmad Yogie dengan Mochamad ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    378/2017378/2017Perpustakaan Mochtar Kusumaatmadja FH UnpadTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Hukum
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    378/2017
    Penerbit Fakultas Hukum UNPAD : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 117 hal, 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Latar Belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai apakah perjanjian pengikatan jual beli tanah antara Achmad Yogie dengan Mochamad Gingin sudah sesuai dengan Hukum Perjanjian. Kasus ini menarik karena perjanjian pengikatan jual beli menggunakan blanko kosong masih sering terjadi di dalam masyarakat. Hal ini tentu dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika akan melakukan sebuah perjanjian. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan Legal Memorandum kepada Achmad Yogie selaku korban terkait kasus perjanjian pengikatan jual beli tanah yang diduga bahwa Achmad Yogie telah melanggar KUHP, yaitu delik penyerobotan tanah dan untuk mengetahui tindakan hukum apa saja yang dapat dilakukan oleh Achmad Yogie untuk memproses dugaan tersebut.
    Penelitian Hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yang menitikberatkan penelitian terhadap data kepustakaan, sedangkan penelitiannya bersifat deskriptif analitis, yaitu memberikan gambaran data selengkap dan secermat mungkin mengenai objek permasalahan sebagai hasil studi kepustakaan berbagai literatur, perundang-undangan, serta bahan-bahan lain yang berhubungan dengan pembahasan didalam penulisan memorandum hukum ini.
    Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa perjanjian pengikatan jual beli tanah antara Achmad Yogie dan Moch.Gingin telah memenuhi unsur-unsur dalam syarat sahnya perjanjian (Pasal 1320 KUHPerdata), dan menyebabkan perjanjian tersebut menjadi sah dan mengikat bagi para pihak. Terkait tindakan hukum yang dapat dilakukan oleh Achmad Yogie yaitu melalui alternative penyelesaian sengketa, mengajukan gugatan wanprestasi dan melakukan pembatalan perjanjian pengikatan jual beli ke Pengadilan Negeri, mengajukan laporan kepada pihak kepolisian.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi