Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

BANDUNG CREATIVE CITY FORUM DITINJAU DARI KARAKTERISTIK SOCIAL ENTERPRISE


Penelitian ini berjudul “Bandung Creative City Forum Ditinjau Dari Karakteristik Social Enterprise” penelitian ini bertujuan untuk ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110031362 MAJ 25/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 MAJ 25/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 87 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 MAJ 25/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Bandung Creative City Forum Ditinjau Dari Karakteristik Social Enterprise” penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan
    karakteristik social enterprise pada BCCF. Dipilih empat karakteristik utama dari social enterprise yaitu orientasi lembaga dalam mengambil keuntungan, terdapat tujuan & nilai sosial, distribusi kepemilikan sosial, dan keuntungan digunakan untuk masyarakat/bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis metode penelitian adalah metode deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pedoman wawancara serta pedoman observasi dengan teknik wawancara mendalam dan non partisipatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang, tiga pihak staf organisasi, tiga dari masyarakat yang terlibat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BCCF mendapatkan sumber dana
    dari jasa pemasaran produk yang bermitra dengan berbagai komunitas, sumbangan donatur, dan sponsor. BCCF memiliki tujuan sosial menciptakan masyarakat yang kreatif untuk memecahkan permasalahan dan mendongkrak potensi ekonomi kreatif di Kota Bandung dengan harapan meninggalkan tiga jejak positif yaitu jejak ekonomi, sosial, dan lingkungan. Bentuk distribusi kepemilikan sosial pada BCCF berupa hak suara pada setiap anggota yang terlibat. BCCF didirikan oleh 45 komunitas yang memiliki tujuan sama. BCCF mengembalikan keuntungan untuk program kerja yang dimilikinya agar manfaat yang diterima masyarakat dapat terus berjalan. BCCF terdaftar atas nama Perkumpulan Komunitas Kreatif Kota Bandung yang merupakan perkumpulan di bidang ekonomi kreatif dibentuk sejak tahun 2008. BCCF terdaftar dengan akta 21 Desember 2008 Nomor 10. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Bandung Creative City Forum (BCCF) belum sepenuhnya menerapkan 4 karakteristik sesuai dengan konsep social enterprise. BCCF belum memiliki perencanaan untuk menjalankan bisnisnya dan belum sepenuhnya mandiri karena masih bergantung kepada donatur/sumbangan, dana hibah dari pemerintah, dana CSR, dan sponsor sebagai sumber dana untuk membiayai program kerjanya. Rencana tindak lanjut yang diusulkan berupa pendirian badan usaha bersanding dengan BCCF guna Menegaskan citra BCCF sebagai sebuah social enterprise yang dapat secara efektif memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus dapat menjadi wadah karier professional bagi para anggotanya.

    Kata Kunci : Social Enterprise, Masyarakat, Kreatif
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi