Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

RENDANG (Studi Folklor Tentang Jenis dan Konteks Kuliner Rendang Pada Masyarakat Minangkabau di Nagari Bukik Sikumpa, Jorong Padang Balimbiang, Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat)


Penelitian ini adalah tentang jenis dan konteks kuliner rendang pada masyarakat Minangkabau di Nagari Bukik Sikumpa, Jorong Padang Balimbiang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100025301 ANT 34/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 ANT 34/2017
    Penerbit : Antropologi.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 ANT 34/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini adalah tentang jenis dan konteks kuliner rendang pada masyarakat Minangkabau di Nagari Bukik Sikumpa, Jorong Padang Balimbiang Kabupaten, 50 Kota, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi folklor. Tujuan dari penelitian ini secara akademis adalah untuk mendeskripsikan kedudukan rendang pada struktur kuliner masyarakat Minangkabau dan mendokumentasikan jenis, komposisi dan struktur rendang dalam masyarakat Minangkabau. Hasil dari penelitian ini menunjukan rendang sebagai suatu bentuk kuliner yaitu kedudukan atau posisinya pada struktur kuliner masyarakat Minangkabau adalah makanan yang penting, karena dengan rendang suatu upacara adat dan agama menjadi sakral, contoh apabila pesta pernikahan tidak ada menu rendang yang punya hajat akan malu dan digunjing oleh tetangga. Rendang merupakan makanan yang bisa bertahan lama. Karena proses memasak yang membutuhkan waktu antara 6-8 jam, sehingga minyak yang keluar dari santan membuat masakan ini dapat bertahan lama. Rendang sebenarnya bukan milik kota Padang saja, rendang adalah milik orang Minangkabau. Karena disetiap daerah di Sumatera Barat memiliki berbagai macam rendang. Seharusnya rendang disebutkan dengan nama asalnya dibuat yaitu “Rendang Minangkabau”. Kata kunci : Struktur Kuliner, Rendang, Makanan dan Minangkabau.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi