Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pelaksanaan Program Bina Keluarga Lansia (Studi Deskriptif Kelompok Bina Keluarga Lansia Sabilulungan di Rw 8, Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik Kota Bandung)


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Bina Keluarga Lansia Sabilulungan di Rw 8, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310110067362 ZUL 7/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 ZUL 7/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 ZUL 7/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Bina Keluarga Lansia Sabilulungan di Rw 8, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Adapun aspek-aspek yang dilihat dalam penelitian ini adalah mengenai tahapan pelaksanaan program yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan dan tahapan monev (monitoring dan evaluasi) dalam Program Bina Keluarga Lansia Sabilulungan. Pelaksanaannya meliputi tiga kegiatan yaitu penyuluhan, kunjungan rumah dan rujukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 3 (tiga) orang dari pihak pelaksana program yaitu kader, 3 (tiga) orang dari penerima program, 2 (dua) orang dari pihak BPPKB, dan 1 (satu) orang dari masyarakat yang mendukung dalam pelaksanaan program. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan bina keluarga lansia dalam tahapan perencanaan meliputi dua kegiatan yaitu perencanaan awal tahun dan perencanaan sebelum pelaksanaan kegiatan penyuluhan, kunjungan rumah dan rujukan yang akan dilaksanakan. Tahapan pelaksanaan penyuluhan dilaksanakan di tiga kegiatan yaitu posbindu, arisan dan pengajian. Pelaksanaan kunjungan rumah dilaksanakan di rumah lanjut usia dan pelaksanaan rujukan dilaksanakan di kegiatan penyuluhan dan kunjungan rumah. Simpulan dari pelaksanaan program bina keluarga lansia (Studi Deskriptif Bina Keluarga Lansia Sabilulungan di Kelurahan Sukamiskin Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung) yang dilakukan dalam pelaksanaannya sesuai dengan kondisi lanjut usia yang mengalami perubahan degradasi disegala aspek sehingga dengan adanya penyuluhan, kunjungan rumah dan rujukan yang dilakukan sebagai upaya pelayanan sosial kepada lanjut usia untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga lanjut usia.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi