Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kualitas Pelayanan Penanganan Korban Tindak Kekerasan terhadap Istri di Kota Bandung


Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Korban Tindak Kekerasan Terhadap Istri Di Kota Bandung” dilatarbelakangi oleh sarana dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110126001351 DAN 8/2018Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 1)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 DAN 8/2018
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 113 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Korban Tindak Kekerasan Terhadap Istri Di Kota Bandung” dilatarbelakangi oleh sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan upaya penyelesaian kasus kekerasan terhadap istri di UPT P2TP2A Kota Bandung masih kurang memadai, kemudian kurangnya keseriusan yang dimiliki konselor terhadap penanganan permasalahan kasus kekerasan yang tengah dialami korban, serta adanya keraguan dari para korban untuk lebih terbuka oleh para konselor dalam proses konseling. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan penanganan korban tindak kekerasan terhadap istri di Kota Bandung. Penulis menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry yang terdiri dari responsiveness (daya tanggap), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), emphaty (empati), dan tangibles (produk-produk fisik). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi lapangan melalui observasi, studi kepustakaan, dan penyebaran angket kepada responden, dengan menggunakan teknik sensus. Total responden berjumlah 34 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penanganan korban tindak kekerasan terhadap istri di Kota Bandung telah terlaksana namum belum semuanya tercapai secara optimal karena keseluruhan dimensi hanya tiga yang termasuk kedalam kategori tinggi yaitu dimensi responsiveness, assurance, dan emphaty. Kemudian dua dimensi lainnya termasuk kedalam kategori sedang yaitu reliability dan tangibles. Saran dari penelitian ini yaitu adanya penambahan pengelola, beberapa psikolog dan pengacara, pemberian pelatihan keterampilan dan pengembangan pengetahuan kepada petugas dan konselor, perlu adanya bimbingan yang intensif kepada konselor, serta perlu adanya tambahan anggaran agar dapat melengkapi fasilitas yang ada di UPT P2TP2A Kota Bandung.

    Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kekerasan Terhadap Istri, UPT P2TP2A Kota Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi