Detail Cantuman

Image of Perbedaan Kekuatan Tarik Diametral Semen Tulang Injectable Berbahan Baku Kapur Alam dengan Penambahan Tiga Macam Konsentrasi Natrium Karboksimetil Selulosa (Na CMC)

Skripsi  

Perbedaan Kekuatan Tarik Diametral Semen Tulang Injectable Berbahan Baku Kapur Alam dengan Penambahan Tiga Macam Konsentrasi Natrium Karboksimetil Selulosa (Na CMC)


Kekuatan yang baik merupakan sifat dasar bahan yang dibutuhkan agar semen tulang kalsium fosfat (CPC) injectable dapat digunakan secara luas dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-106106 620.1 Ima PJatinangor (Itmkg)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.1 Ima P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 73 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130046
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kekuatan yang baik merupakan sifat dasar bahan yang dibutuhkan agar semen tulang kalsium fosfat (CPC) injectable dapat digunakan secara luas dalam dunia medis. Penambahan bahan aditif polimer pada mixing liquid CPC telah diketahui dapat memperbaiki injektabilitas CPC. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menentukan apakah penambahan natrium karboksimetil selulosa (Na CMC) ke dalam mixing liquid CPC akan mempengaruhi kekuatan tarik diametral (DTS) CPC.
    Pada penelitian ini digunakan Na CMC yang merupakan bahan polimer dan senyawa turunan selulosa untuk meningkatkan injektabilitas CPC. CaCO3 sebagai bahan dasar CPC dalam penelitian ini dibuat dari kapur alam Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Pada penelitian ini dibuat tiga kelompok CPC dengan mixing liquid mengandung masing-masing 0,5%, 1%, 2% Na CMC yang dilarutkan dalam larutan Na2HPO4. Bubuk CPC dengan larutan Na2HPO4 sebagai mixing liquid digunakan sebagai kelompok kontrol.
    Rerata nilai DTS kelompok dengan 0,5% 1%, dan 2% Na CMC sebesar 3,19026 MPa, 3,57314 MPa, dan 3,05630 MPa, sedangkan kelompok kontrol sebesar 3,28878 MPa. Penambahan Na CMC dalam semua konsentrasi di atas tidak menunjukkan perbedaan DTS yang signifikan (p>0,05) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa Na CMC merupakan bahan yang baik untuk meningkatan injektabilitas semen tanpa memberikan penurunan yang signifikan terhadap kekuatan mekanis CPC. Studi lanjutan tentang bahan aditif yang dapat meningkatkan injektabilitas serta dapat meningkatkan DTS CPC perlu dipertimbangkan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi