Detail Cantuman

Image of Pengalaman Karies Usia 35-44 Tahun Di Wilayah Kerja Puskemas Tamblong Kota Bandung

Skripsi  

Pengalaman Karies Usia 35-44 Tahun Di Wilayah Kerja Puskemas Tamblong Kota Bandung


Kondisi kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih sangat memprihatinkan sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari tenaga kesehatan. Kelompok ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ikm1-542542 614 Phi PJatinangor (Ikm)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Phi P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 61 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130127
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kondisi kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih sangat memprihatinkan sehingga perlu mendapatkan perhatian serius dari tenaga kesehatan. Kelompok usia 35-44 tahun merupakan kelompok usia standar dalam pengawasan kondisi kesehatan mulut orang dewasa. Kebersihan gigi dan mulut serta terbentuknya karies dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan dan penghasilan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran pengalaman karies usia 35-44 tahun di wilayah kerja Puskesmas Tamblong Kota Bandung.
    Subjek yang diperiksa adalah masyarakat Posyandu Kelurahan Kebon Pisang (Wilayah Kerja Puskesmas Tamblong), Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Pemeriksaan Indeks DMFT dilakukan menggunakan kaca mulut, CPI probe dan penerangan yang cukup ke mulut pasien. Metode yang digunakan adalah cluster sampling dengan pathfinder surveys untuk menentukan jumlah sampelnya.
    Hasil penelitian menunjukkan nilai DT sebesar 206, nilai MT sebesar 84 dan nilai FT sebesar 301 dari 35 responden. Indeks DMFT Kelurahan Kebon Pisang sebesar 8,6 dengan 23 hingga 24 gigi permanen yang masih dapat berfungsi dengan baik.
    Simpulan dari penelitian pengalaman karies usia 35-44 tahun berdasarkan indeks DMFT menurut WHO termasuk dalam kategori sedang dengan komponen gigi karies yang sangat besar dibandingkan dengan nilai gigi hilang dan gigi yang telah ditambal
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi