Detail Cantuman

Image of KEBUTUHAN PERAWATAN PROSTODONSIA PADA LANSIA YANG KEHILANGAN GIGI DI PANTI WERDHA SENJARAWI KOTA BANDUNG

Skripsi  

KEBUTUHAN PERAWATAN PROSTODONSIA PADA LANSIA YANG KEHILANGAN GIGI DI PANTI WERDHA SENJARAWI KOTA BANDUNG


Proses penuaan merupakan pertumbuhan normal pada orang lanjut usia yang menyebabkan perubahan fisik dan akan berdampak pada aspek kesehatan gigi dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Pro1-131131 617.69 Ari KJatinangor (Prosto)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    617.69 Ari K
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 71 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130013
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Proses penuaan merupakan pertumbuhan normal pada orang lanjut usia yang menyebabkan perubahan fisik dan akan berdampak pada aspek kesehatan gigi dan mulut. Kehilangan gigi merupakan kondisi yang paling banyak dialami. Namun tingginya kasus kehilangan gigi berbanding terbalik dengan minimnya penggunaan gigi tiruan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan perawatan prostodonsia pada lansia yang kehilangan gigi di Panti Werdha Senjarawi kota Bandung.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling.Responden yang memenuhi kriteria penelitian dilakukan informed consent dan pemeriksaan rongga mulut dengan menggunakan kaca mulut dan sonde, kemudian data dimasukan kedalam formulir pemeriksaan.
    Hasil dari penelitian ini didapat 40 sampel dari total populasi 70 sampel, yaitu 9 laki-laki (22,5%) dan 31 perempuan (77,5%). Seluruh responden mengalami kehilangan gigi dan membutuhkan gigi tiruan. Terdapat 25 responden (62,5%) tidak menggunakan gigi tiruan dan 15 responden menggunakan gigi tiruan (37,5%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebutuhan penggunaan gigi tiruan sebagian lepasan (GTSL) lebih tinggi dibandingkan gigi tiruan lengkap lepasan (GTL) dan kebutuhan gigi tiruan pada lansia perempuan lebih tinggi daripada lansia laki-laki pada penghuni Panti Werdha Senjarawi kota Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi