Detail Cantuman

Image of Gambaran Ketidaknyamanan Bagian Tubuh Akibat Gangguan Muskuloskeletal pada Dokter Gigi di Puskesmas Kota Bandung

Skripsi  

Gambaran Ketidaknyamanan Bagian Tubuh Akibat Gangguan Muskuloskeletal pada Dokter Gigi di Puskesmas Kota Bandung


Gangguan muskuloskeletal merupakan gangguan kesehatan akibat bekerja yang sering dialami oleh dokter gigi dan menimbulkan rasa tidak nyaman serta ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Faal1-460460 612 Git GJatinangor (Faal)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    612 Git G
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 95 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130019
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Gangguan muskuloskeletal merupakan gangguan kesehatan akibat bekerja yang sering dialami oleh dokter gigi dan menimbulkan rasa tidak nyaman serta nyeri di berbagai bagian tubuh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran ketidaknyamanan bagian tubuh akibat gangguan muskuloskeletal pada dokter gigi di Puskesmas Kota Bandung.
    Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan cross-sectional survey. Sampel penelitian adalah dokter gigi yang bekerja di Puskesmas Kota Bandung yang berjumlah 27 orang. Penelitian dilakukan dengan pengisian Cornell Musculoskeletal Discomfort Questionnaire oleh responden di Puskesmas Kota Bandung.
    Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden berusia di atas 50 tahun (37%), mayoritas responden telah bekerja selama 1-10 tahun (29,6%) dan 11-20 tahun (29,6%), dan jumlah pasien perhari sekitar 15-20 orang (51,9%). Jenis ketidaknyamanan yang paling sering dialami oleh dokter gigi di Puskesmas Kota Bandung adalah rasa pegal (57,5%), dengan persentase gangguan muskuloskeletal yang paling tinggi pada regio tubuh aksial adalah punggung bawah (41,4%), regio ekstremitas atas adalah bahu kanan (8,3%), dan regio ekstremitas bawah adalah lutut kanan (0,53%).
    Simpulan dari penelitian ini adalah dokter gigi di Puskesmas Kota Bandung mengalami ketidaknyamanan berupa rasa pegal akibat gangguan muskuloskeletal yang paling banyak dijumpai pada punggung bawah, bahu kanan dan lutut kanan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi