Detail Cantuman

Image of PENGGUNAAN TERAPI DENTAL HYPNOSIS PADA PASIEN DENGAN REFLEKS MUNTAH GRADE V

Skripsi  

PENGGUNAAN TERAPI DENTAL HYPNOSIS PADA PASIEN DENGAN REFLEKS MUNTAH GRADE V


Permasalahan umum yang sering terjadi dalam proses perawatan gigi dan mulut adalah pasien memiliki refleks muntah ketika rongga mulut dimasuki alat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Ikm1-548548 614 Ari PJatinangor (Ikm)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614 Ari P
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 76 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130070
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Permasalahan umum yang sering terjadi dalam proses perawatan gigi dan mulut adalah pasien memiliki refleks muntah ketika rongga mulut dimasuki alat kedokteran gigi. Refleks muntah merupakan sebuah mekanisme pertahanan yang dirancang untuk mencegah masuknya sesuatu yang tidak diinginkan pada saluran pernapasan atau penelanan. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penggunaan terapi dental hypnosis dapat menurunkan grade refleks muntah.

    Penelitian ini merupakan studi kasus yang dianalisis secara deskriptif pada 3 orang pasien yang akan menerima perawatan gigi yang mengalami refleks muntah berlebih di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Bandung. Refleks muntah diukur dengan menggunakan Gagging Severity Index (GSI) yang diperkenalkan oleh Dickinson dan Fiske. Terapi dental hypnosis diberikan oleh dokter gigi yang memiliki kemampuan dan sertifikasi untuk melakukan dental hypnosis pada bulan Desember 2016 � Januari 2017.

    Hasil studi kasus menunjukkan bahwa pengukuran grade refleks muntah pasien sebelum diberikan intervensi terapi dental hypnosis adalah sebagai berikut: kasus 1: grade V; kasus 2: grade V; kasus 3: grade V. Hasil pengukuran grade refleks muntah pasien setelah diberikan intervensi terapi dental hypnosis adalah sebagai berikut: kasus 1: grade I dengan 8 kali kunjungan; kasus 2: grade I dengan 7 kali kunjungan; kasus 3: grade I dengan 7 kali kunjungan.

    Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terapi dental hypnosis dapat menurunkan grade refleks muntah pasien.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi