Detail Cantuman

Image of UJI KEKUATAN TARIK DIAMETRAL PROTOTIP KOMPOSIT  DENGAN FILLER SWASINTESIS BERBASIS PASIR ZIRKON ALAM (MENGGUNAKAN METODE GEOPOLIMERISASI DENGAN VARIASI COUPLING AGENT)

Skripsi  

UJI KEKUATAN TARIK DIAMETRAL PROTOTIP KOMPOSIT DENGAN FILLER SWASINTESIS BERBASIS PASIR ZIRKON ALAM (MENGGUNAKAN METODE GEOPOLIMERISASI DENGAN VARIASI COUPLING AGENT)


Penggunaan komposit kedokteran gigi sebagai bahan restorasi yang tinggi menjadikan permintaan komposit yang semakin tinggi pula sehingga perlu ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    Itmkg1-109109 620.1 Man UJatinangor (Itmkg)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    620.1 Man U
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xi, 80 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130008
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penggunaan komposit kedokteran gigi sebagai bahan restorasi yang tinggi menjadikan permintaan komposit yang semakin tinggi pula sehingga perlu dilakukan penelitian bahan baku komposit yang lebih mudah ditemukan. Pasir zirkon alam merupakan sumber daya alam yang dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia dan dapat berguna sebagai filler komposit karena memiliki biokompatibilitas dan sifat fisik yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kekuatan tarik diametral prototip komposit dengan filler hasil swasintesis berbasis pasir zirkon alam menggunakan metode geopolimerisasi dengan variasi coupling agent.
    Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimental laboratoris dengan cara melakukan sintesis filler Zirkonia-Alumina-Silika dari pasir zirkon alam Indonesia menggunakan metode geopolimerisasi dengan variasi coupling agent 3-mercaptopropyltrimethoxysilane (3-MPTS) dan 3-aminopropyltriethoxysilane (3-APTS). Filler yang terbentuk kemudian dilakukan pencampuran dengan resin matriks hingga terbentuk resin komposit yang selanjutnya akan dilakukan uji kekuatan tarik diametral menggunakan universal testing machine.
    Hasil penelitian menunjukkan kekuatan tarik kelompok sampel prototip resin komposit dengan filler pasir zirkon alam Indonesia yang menggunakan coupling agent MPTS lebih tinggi dibandingkan kelompok sampel yang menggunakan coupling agent APTS, namun kekuatan tersebut belum mampu mendekati kekuatan tarik enamel.
    Simpulan dari penelitian adalah terdapat perbedaan nilai kekuatan tarik diametral antara kelompok sampel yang menggunakan coupling agent MPTS yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok sampel yang menggunakan coupling agent APTS.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi