Detail Cantuman

Image of Systematis Review Potensi Keganasan Tumor Jinak Adenoma Pleomorfik Parotis

Skripsi  

Systematis Review Potensi Keganasan Tumor Jinak Adenoma Pleomorfik Parotis


Adenoma pleomorfik adalah tumor jinak yang umum terjadi pada kelenjar liur, sering mengenai kelenjar liur mayor parotis wanita dekade umur ke-IV, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    OBD1-161161 616.07 Zah SJatinangor (PA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    616.07 Zah S
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xii, 45 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130040
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Adenoma pleomorfik adalah tumor jinak yang umum terjadi pada kelenjar liur, sering mengenai kelenjar liur mayor parotis wanita dekade umur ke-IV, serta laki-laki muda dan usia lanjut. Adenoma pleomorfik kelenjar liur parotis memiliki keberagaman perilaku biologis tumor yang bersifat borderline malignancy. Hal ini terlihat dari perkembangannya yang dipengaruhi oleh ekspresi protein terkait tumor rasP-21, P-53, C-erbB-2. Ekspresi ketiga protein terkait tumor tersebut sangat bermanfaat untuk memprediksi potensi keganasan, untuk memperkirakan peningkatan risiko keganasan, dan untuk memperkuat pemilihan tindakan bedah yang tepat selain berdasarkan ciri klinis dan karakteristik tumor yang ada.
    Penulisan kajian ini menggunakan metode systematic review dengan mengkaji 43 artikel yang membahas mengenai potensi keganasan tumor jinak adenoma pleomorfik parotis dari penelitian ahli di seluruh dunia.
    Penelitian mengenai potensi keganasan tumor adenoma pleomorfik parotis masih dibutuhkan untuk mengetahui deteksi awal adenoma pleomorfik parotis yang terlihat jinak secara histopatologi dan klinik sehingga pengelolaaan terapi tumor menjadi lebih tepat dengan dampak minimal.
    Simpulan dari studi literatur ini adalah bahwa untuk keperluan memprediksi keganasan dan memperkirakan peningkatan risiko keganasan tumor adenoma pleomorfik kelenjar parotis dinilai dari tingkat ekspresi rasP-21, P-53, C-erbB-2, serta memilih secara tepat tindakan bedah berdasarkan ciri klinis dan karakteristik tumor.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi