Detail Cantuman

Image of Gambaran Variasi Normal Pola Rugae Palatina Pada Populasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran

Skripsi  

Gambaran Variasi Normal Pola Rugae Palatina Pada Populasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran


Rugae palatina atau plica palatine merupakan suatu lipatan anatomis tidak teratur dan asimetris dari mukosa yang terletak di langit-langit mulut. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    For1-8888 614.1 Nur GJatinangor (Forensik)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Kedokteran Gigi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    614.1 Nur G
    Penerbit FKG Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 54 hlm; ilus; hardcover
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    160110130056
    Klasifikasi
    -
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Rugae palatina atau plica palatine merupakan suatu lipatan anatomis tidak teratur dan asimetris dari mukosa yang terletak di langit-langit mulut. Rugae palatina dapat digunakan dalam mengidentifikasi korban berdasarkan umur, jenis kelamin, dan ras. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran variasi normal pola rugae palatina pada Populasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran sebagai data awal untuk acuan proses identifikasi individu dalam bidang Forensik Kedokteran Gigi.
    Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana kuantitatif yang dilakukan pada 46 mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran angkatan 2013, 2014, dan 2015 yang terdiri dari 39 perempuan dan 7 laki-laki. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan mengamati cetakan positif rahang atas yang telah siap digunakan. Rugae palatina diamati berdasarkan bentuk, ukuran, dan arah menggunakan klasifikasi Martin dos Santos, Carrea, dan Lysell.
    Hasil penelitian menunjukkan bentuk rugae palatina yang paling banyak muncul adalah sinous dengan persentase 37,55%, arah rugae palatina yang paling banyak muncul adalah antero-posterior dengan persentase 39,03%, dan ukuran rugae palatina yang paling banyak muncul adalah rugae palatina primer dengan persentase 79,75% pada populasi Mahasiswa FKG Unpad.
    Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa variasi normal bentuk rugae palatina yang dominan muncul pada populasi ini adalah sinous, arah rugae palatina adalah antero-posterior, dan ukuran rugae palatina adalah rugae palatina primer.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi