Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Peranan Gugus Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) dalam Pengembangan Usaha Sapi Potong (Studi Kasus di Wilayah Kerja Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat)


Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Sentra Peternakan Rakyat (SPR), Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat, pada bulan April 2017. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR000333Skr.5646Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.5646
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xv, 71 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.01
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Sentra Peternakan Rakyat (SPR), Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat, pada bulan April 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan Gugus Perwakilan Pemilik Ternak (GPPT) dalam pengembangan usaha sapi potong. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi kasus. Penentuan daerah penelitian ditentukan berdasarkan pertimbangan bahwa wilayah memiliki potensi dalam pengembangan usaha peternakan sapi potong, menerapkan program SPR dan telah memiliki stuktrur GPPT. Informan yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 12 orang, penentuan informan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sample. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan peranan GPPT dalam pengembangan usaha sapi potong SPR yaitu fasilitator, motivator, mediator, dan narasumber belum optimal terhadap pengembangan usaha sapi potong. Pengembangan usaha peternakan sapi potong di dalam program SPR terjadi peningkatan pada proses pembelajaran peternak dalam pengetahuan peternak, sikap peternak dalam menerima hal baru, dan tindakan peternak dalam mengaplikasian pengetahuan, namun belum terlihat perubahan dalam hal teknologi produksi, dan peningkatan populasi ternak.

    Kata kunci : peranan GPPT, pengembangan usaha, SPR.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi