Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Peran Modal Sosial Kelompok Peternak terhadap Keberlanjutan Usaha Sapi Perah (Stusi Kasus pada Kelompok Peternak Sapi Perah Lembusari, Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang)


Modal sosial merupakan sesuatu yang dimiliki oleh seorang individu dan tidak akan pernah habis meskipun digunakan secara terus menerus meliputi ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    SKR000437Skr.5750Perpustakaan Fakultas PeternakanTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Peternakan
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    Skr.5750
    Penerbit Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran : Sumedang.,
    Deskripsi Fisik
    xiii, 73 hlm.: ilus.; 29 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    636.01
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Modal sosial merupakan sesuatu yang dimiliki oleh seorang individu dan tidak akan pernah habis meskipun digunakan secara terus menerus meliputi kepercayaan, nilai-nilai dan rasa memiliki. Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Ternak Sapi Perah Lembusari, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Tujuan dari penelitian adalah : 1) mengetahui kondisi modal sosial peternak sapi perah anggota kelompok ternak Lembusari, 2) mengetahui peran modal sosial dalam menunjang keberlanjutan usaha peternakan sapi perah anggota kelompok ternak Lembusari. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan menganalisis data secara deskriptif kualitatif dengan cara interpretative (verstehen). Variabel yang diamati adalah kondisi modal sosial, unsur unsur modal sosial, dan peran modal sosial dalam menunjang keberlajutan usaha peternakan sapi perah. Informan kunci yang dijadikan sebagai sumber informasi dalam penelitian ini sebanyak 14 informan terdiri atas ketua kelompok, pengurus kelompok dan anggota kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi menunjukan bahwa kondisi modal sosial kelompok telah berperan dalam menunjang keberlanjutan usaha peternak sapi perah dilihat melalui dimensi: tingginya saling percaya dan keharmonisan dalam kelompok, meningkatnya skala kepemilikan ternak dan meningkatnya kualitas produksi susu yang dihasilkan.
    Kata Kunci : Modal Sosial, Unsur Modal Sosial, Keberlanjutan Usaha
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi