Text
Orientasi Pasar Dan Kapabilitas Unik Dalam Membentuk Strategi Pasar Dan Strategi Bauran Pemasaran Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pemasaran (Sebuah Survei Terhadap Usaha Mikro Alas Kaki Di Jawa
Usaha Mikro alas kaki khususnya di wilayah Jawa Barat memberikan
kontribusi ekonomi bagi wilayahnya, dan menjadi pilar yang cukup kuat dalam ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 010040007488 658.81Uta o Perpustakaan Pusat (Reference Kls. 600) Tersedia -
Perpustakaan Perpustakaan PusatJudul Seri -No. Panggil 658.81Uta o/R.12.296.7Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik xii, 240 hlm. ; il. ; 29 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 658.81Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik ReferencePernyataan Tanggungjawab Utang Jujur -
Usaha Mikro alas kaki khususnya di wilayah Jawa Barat memberikan
kontribusi ekonomi bagi wilayahnya, dan menjadi pilar yang cukup kuat dalam
menghadapi setiap krisis ekonomi. Namun perkembangan dan pertumbuhan usaha
mikro alas kaki ini relatif belum optimal mengingat beberapa kendala dan
keterbatasan yang dihadapinya, seperti permodalan, sumberdaya, skill, teknologi,
sehingga berdampak kepada produk yang tidak bersaing. Hal itu mengindikasikan
bahwa kinerja perusahaan usaha mikro cenderung belum cptimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang orientasi pasar,
kapabilitas unik, dalam membentuk strategi pasar dan strategi bauran pemasaran,
serta implikasinya terhadap kinerja pemasaran, di usaha mikro alas kaki Jawa
Barat.
Penelitian ini menggunakan metode survei explanatory. Unit analisis
adalah pimpinan atau perwakilan dari para pelaku usaha mikro alas kaki di Jawa
Barat, dengan jumlah sampel 201 responden melalui analisis kausalitas dengan
metode structural equation model (SEM). Penelitian ini dilakukan dalam kurun
waktu secara serentak. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kuesioner dan
wawancara terhadap pihak pimpinan atau perwakilan dari usaha mikro di Jawa
Barat, serta data sekunder dari Dinas perindustrian dan perdagangan Jawa Barat,
dan Badan Pusat Statistik.
Temuan memperlihatkan bahwa Orientasi Pasar, Kapabilitas Unik,
Strategi Pasar, dan Strategi Bauran Pemasaran secara simultan berpengaruh
terhadap Kinerja Pemasaran. Orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap strategi
pasar, strategi bauran pemasaran, dan kinerja pemasaran. Sementara Kapabilitas
unik memiliki pengaruh siginifikan secara langsung kepada strategi pasar, dan
kinerja pemasaran, dan pengaruh tidak langsung melalui strategi bauran
pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Strategi pasar tidak berpengaruh kepada
kinerja pemasaran. Strategi bauran pemasaran memiliki pengaruh siginifikan
kepada kinerja pemasaran namun dengan efek pengaruh negatif.
Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar pihak usaha mikro alas
kaki di Jawa Barat untuk meningkatkan kapabilitas unik guna meningkatkan
kinerja pemasarannya, melalui peningkatan ; skill, sumberdaya, teknologi, dan
pengetahuan, dan memahami secara dalam strategi bauran pemasaran guna
memberikan kontribusi positif kepada kinerja pemasaran. Sebagai hasil dari
penelitian ini maka dibuat Model Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Alas Kaki di
Jawa Barat. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.