Detail Cantuman

Image of MODEL PERILAKU PEMBELIAN FAST MOVING CONSUMER GOODS YANG RAMAH LINGKUNGAN (Survey pada Konsumen di Kota Pekanbaru)

Text  

MODEL PERILAKU PEMBELIAN FAST MOVING CONSUMER GOODS YANG RAMAH LINGKUNGAN (Survey pada Konsumen di Kota Pekanbaru)


Penelitian ini dilakukan berdasarkan keresahan pada kondisi lingkungan yang ada. Perilaku
masyarakat yang tidak ramah lingkungan dicurigai ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    010040007536658.834 259 814 111 Jul mPerpustakaan Pusat (Reference Kls. 600)Tersedia
  • Perpustakaan
    Perpustakaan Pusat
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    658.834 259 814 111 Jul m/R.12.310.1
    Penerbit Fakaultas Ekonomi Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xviii, 386 hlm. ; ill. ; 29 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    658.834 259 814 111
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Reference
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan keresahan pada kondisi lingkungan yang ada. Perilaku
    masyarakat yang tidak ramah lingkungan dicurigai karena nilai-nilai religiusitas yang ada belum
    diterapkan secara komprehensif, rendahnya pengetahuan spesifik terkait lingkungan, rendahnya
    kepedulian pada kondisi lingkungan, serta skeptisisme konsumen terhadap produk rarnah
    lingkungan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh religiusitas
    konsumen, pengetahuan ramah lingkungan, skeptisisme konsumen, terhadap perilaku pembelian
    produk fast moving consumer goods (FMCG) ramah lingkungan pada ritel-ritel di Kota
    Pekanbaru baik secara langsung maupun melalui orientasi ramah lingkungan. Data dikumpulkan
    menggunakan kuesioner yang disebarkan di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota
    Pekanbaru untuk selanjutnya dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan verifikatif. Untuk
    pengolahan data deskriptif menggunakan analisis modus dan median sedangkan untuk
    pengolahan data verifikatif digunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software
    AMOS 22. Konsumen dalam penelitian ini adalah konsumen FMCG yang berbelanja di ritel-ritel
    yang tersebar di Kota Pekanbaru. Secara deskriptif disimpulkan bahwa sebagian besar konsumen
    Kota Pekanbaru religius, kurang memiliki pengetahuan ten tang lingkungan khususnya terkait
    pengetahuan mendaur ulang, cukup skeptis, cukup beroricntasi lingkungan, dan berperilaku
    ramah lingkungan dalam membeli produk FMCG. Selanjutnya, ditemukan bahwa pengetahuan
    ramah lingkungan dan religiusitas konsumen berpengaruh positif terhadap orientasi ramah
    lingkungan, sementara skeptisisme konsumen berpengaruh negatif. Ketiganya mempengaruhi
    orientasi ramah lingkungan sebesar 65.7% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang
    tidak diteliti. Temuan selanjutnya menyatakan religiusitas konsumen, pengetahuan ramah
    lingkungan, dan skeptisisme konsumen berpengaruh terhadap perilaku pembelian FMCG ramah
    lingkungan dengan pengaruh sebesar 64.3% dan pengaruh orientasi ramah lingkungan terhadap
    perilaku pembelian ramah lingkungan sebesar 65.5%. Orientasi ramah lingkungan selain
    berperan sebagai variabel independen terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan, juga
    merupakan mediasi antara religiusitas konsumen, pengetahuan ramah lingkungan, dan
    skeptisisme konsumen terhadap perilaku pembelian ramah lingkungan. N amun demikian,
    besaran mediasi ini berada pada kategori mediasi parsial.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi